Pelajaran dari game Shinobi Warfare

Game merupakan salah satu bentuk hiburan untuk mengurangi kejenuhan dari aktivitas sehari-hari. Game memiliki banyak jenisnya baik yang offline maupun online. Dan salah satu game yang terakhir kali aku mainkan adalah game Shinobi Warfare. Alasan aku memainkan game ini adalah untuk mengenang permainan masa kecil yang pernah ku mainkan saat SMP dulu. DUlu namanya game Ninja Saga dan bisa dimainkan di facebook. Kalau game ShinobiWarfare ini dimainkan diluar aplikasi facebook karena game ini memiliki aplikasi sendiri. Game ini bisa dimainkan melalui HP maupun PC. 

Selama memainkan game ini ada beberapa hal yang kupelajari dari game ini :
1. Setiap kali naik level maka kita harus mengupgrade pedang yang kita miliki. 
Kita bisa mendapatkan pedang dari sebuah misi, event hunting hous, event room dan hadiah gacha. Setiap pedang memiliki damage yan berbeda-beda. Semakin tinggi levelnya maka musuhnya akan semakin kuta sehingga kita memerlukan pedang yang damagenya tinggi. Selain itu pedang yang bisa meningkatkan damage disemua serangan dan menambah HP (Health Point/Nyawa karakter game kita) akan membuat kita semakin mampu untuk melawan musuh. Apabila level kita sudah naik semakin tinggi tapi kita masih menggunakan pedang yang levelnya rendah maka kita akan kesulitan untuk menghadapi musuh yang semakin kuat. Walaupun kita masih bisa menggunakan jurus dan Taijutsu serta genjutsu tapikita juga perlu mengupgrade level pedang kita agar kita lebih maksimal dalam menghadapi musuh.
Pedang itu ibaratnya skill kita, semakin bertambah usia kita maka akan semakin banyak tantangan yang harus kita hadapi. Apabila kita tidak mengupgrade skill kita maka kita pasti akan semakin tertinggal dan sulit untuk bersaing dengan perkembangan jaman.


2. Setiap pedang memiliki kelebihannya masing-masing. . 
Ada yang bisa menambah CP 10% setiap putaran tapi tidak bisa menambah HP sehingga HP menjadi tidak aman. Ada yang bisa menambah HP 5% setiap putaran tapi akurasinya 0%. Tentu saja dengan akurasi 0% itu kita akan kesulitan untuk melawan musuh yang memiliki dogde tinggi.  Ada yang bisa menambah HP 3% ditiap putaran dan bisa menambah akurasi 10% tapi tidak menambah damage serangan sehingga kita lambat dalam mengalahkan musuh. Ada yang bisa menambah 200 damage ditiap serangan sehingga kita menjadi lebih kuat dan mengurangi damage yang kita terima sehingga darah HP kita lebih awet tapi tidak bisa menambah HP kita saat HP kita sudah mulai tinggal sedikit/ Ada yang bisa menambah damage serangan, Meningkatkan akurasi 20% dan menambah 200 HP dan CP setiap kali pedang tersebut digunakan untuk menyerang tapi  tidak bisa mengurangi damage yang kita terima sehingga kita memerlukan talent lain atau pet yang bisa memberikan proteksi kepada kita agar kita bisa mengurangi dampak serangan yang kita terima selama beberapa periode. Padahal kita pengennya punya pedang yang bisa meningkatkan HP, CP, Damage yang diterima musuh, Stun Musuh dan mengurangi damage yang kita terima. Tapi sejauh aku memainkan game ini aku belum pernah menemukan pedang yang selengkap itu. Begitu juga dala kehidupan sehari-hari. Terkadang kita menginginkan sesuatu yang sempurna atau perfek padahal selama kita masih menjadi manusia maka tidak ada yang sempurna dalam setiap pilihan kita. Kita harus bisa dan mau mengambil pilihan yang tersedia walaupun tidak sempurna. Dan kita juga memilih berdasarkan kebutuhan kita, apa yang kita butuhkan pada saat itu.


3. Hadiah Pakaian.
Dalam berbagai misi maupun hadiah gacha itu aku sering kali mendapatkan hadiah pakaian. Bahkan di bagian Shop pun tersedia berbagai jenis pakaian dengan harga yang murah sampai dengan sangat mahal. Fungsi pakaian dalam game ini untuk memperindah penampilan dari karakter yang kita mainkan. Sedangkan fungsi lainnya belum ada. Pakaian karkater satu dengan karakter lainnya bisa jadi sama. Seberapa mahal pun pakaian yang kita beli dalam game ini tidak ada pengaruhnya terhadap skill, kekuatan, HP, cakra dan kemudahan kita dalam menghadapi musuh. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Pakaian yang kita gunakan memang penting untuk menutupi tubuh kita dan memperindah penampilan kita. Namun, pakaian tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap skill kita dalam menghadapi berbagai permasalahan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kita boleh memperindah penampilan kita dengan pakaian yang bagus tapi kita jangan lupa untuk mengasah skill kita agar kita bisa menghadapi persaingan pada saat ini.


4. Fasilitas jalan pintas naik level.
Dibagian Halaman awal terdapat menu deals yang menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dibayar pakai gems maupun credit. Salah satu fasilitas yang paling menggiurkan adalah fasilitas untuk naik 5 level secara cepat dengan membayar sekian gems maupun credit di bagian deals. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan fasilitas deals ini karena kita akan lebih mudah untuk mendapatkan pedang atau jurus di level yang lebih tinggi. Selain itu kita akan menghemat banyak waktu dibandingkan harus naik level secara manual. Tapi disisi lain ketika kita naik level secara instan maka kita akan melewatkan banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak gems, koin emas dan talent point yang bisa kita dapatkan dari misi harian maupun hunting house. Talent point tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan talent kita (Kemampuan diluar jurus). Sedangkan koin emas dan gems bisa kita gunakan untuk membeli fasilitas lainnya seperti pedang dan jurus.Selain itu kita juga kehilangan kesempatan untuk mempelajari berbagai karakter musuh yang akan kita hadapi di level selanjutnya. Relevansi hal ini dengan kehidupan sehari-hari adalah ketika kita menggunakan cara instan dalam mendapatkan sesuatu maka kita akan lebih cepat dalam mendapatkan segala yang kita inginkan. Tapi kita tidak setangguh mereka yang melewati berbagai fase hidup melalui proses yang panjang. Mereka akan memiliki lebih banyak pengalaman dan pelajaran hidup walaupun mereka akan sampai di finish lebih lambat daripada kita yang menggunakan cara instan. Jadi semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


5. Semakin tinggi level kita maka akan semakin banyak XP yang harus kita tempuh dan tentunya semakin kuat pula musuhnya. 

Di awal level itu hanya ribuah XPnya sehingga kita bisa naik 5 sampai dengan 10 level dalam 1 atau 2 hari dengan mudah.Kemudian semakin bertambah level maka semakin banyak XP yang harus kita tempuh agar bisa naik ke level selanjutnya. Dan tentunya semakin besar pula reward koin emas yang akan kita dapatkan. Jika di awal level kita hanya mendapatkan ratusan koin emas setiap kali menyelesaikan sebuah misi maka di level yang semakin tinggi kita bisa mendapatkan puluhan ribu koin setiap kali menyelesaikan sebuah misi. Dan hal itu lumayan worth it karena semakin tinggi level maka semakin mahal pula harga setiap jurus dan pedang yang ada dibagian shop. Aku jadi teringat dengan peribahanasa semakin tinggi pohon maka semakin keras angin yang menerpanya. Tapi pohon tersebut telah memiliki akar dan batang yang lebih kuat dari sebelumnya. Pohon tersebut memiliki daun yang meneduhkan dan buah yang bermanfaat untuk makhluk hidup yang ada disekitarnya. Begitu pula dengan kehidupan kita semakin tinggi usia kita maka semakin banyak pula persoalan hidup yang harus kita selesaikan, semakin besar tantangannya. Tapi disaat itu kita sudah semakin kuat daripada sebelumnya. Kita sudah memiliki bekal berbagai ilmu, pengalaman dan skill untuk menghadapi tantangan tersebut. Dan reward yang kita dapatkan pun juga akan semakin besar. Kalau dulu ketika masih kecil rewardnya dibelikan permen atau kado ulang tahun. Ketika dewasa kita akan bertambah relasi dan pengalaman baru setelah berhasil menghadapi sebuah tantangan dalam hidup kita.


Wah, tak terasa tulisannya akan sepanjang ini dan mengalir begitu saja walaupun ditulis tanpa menggunakan draft dan hanya berbekal gambar screenshoot saja. Padahal awalnya hanya ingin menulis beberapa  kalimat saja. Tapi semoga saja tulisan ini bisa bermanfaat bagi saya pribadi maupun bagi para pembaca.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama