Sulit menjadi mudah

Aku sudah jarang sekali menulis di blog yang ku buat sejak SMA ini. Blog yang berasal dari rasa penasaran saat guru TIK membahas tentang publikasi tulisan lewat blog. Tak terasa hal itu sudah berlalu beberapa tahun yang lalu. Aku sempat begitu aktif menuliskan hal-hal random di blog ini dan sekarang jarang menulis lagi karena ada kegiatan lain di duna nyata. Hari ini ketika aku hendak memejamkan matas tiba-tiba ada keinginan untuk menulis di blog ini.

Hari ini aku akan menulis tentang hal-hal yang ku syukuri karena dulunya aku kesulitan untuk mendapatkannya tapi sekarang bisa ku dapatkan dengan mudah. Beberapa hal itu antara lain:

1. Memiliki HP android
Aku masih mengingat kalau dulu saat SMA adalah pertama kali aku memiliki HP nokia warna  hitam tanpa kamera tipe 1280 yang hanya bisa digunakan untuk kebutuhan dasar seperti mengirim SMS, telepon dan bermain game ular. Pada waktu itu aku merasa sangat senang sekali memiliki HP itu karena aku bisa berkomunikasi dengan teman-temanku. Pada waktu itu SMS juga masih murah. Seiring berjalannya waktu aku mulai membeli HP Cross dual sim yang bisa tersambung internet dan memiliki kamera tapi tidak bisa menginstall whatsapp karena pada waktu itu belum trend whatsapp seperti saat ini. Secara fungsi hampir sama dengan HPku yang sebelumnya tapi ada tambahan fungsi kamera dan browsing di browser. Ketika aku mulai bekerja aku pun membeli HP android ram 1 GB. Sejak saat itu HP yang aku beli pun semakin naik RAMnya dan yang sekarang RAM 4 GB. Sekarang sangat mudah untuk melakukan berbagai fungsi lewat HP misal mengikuti rapat atau kelas online via zoom,  komunkasi via whatsapp sehingga lebih banyak pesan yang terkirim tanpa khawatir jumlah karakter huruf yang ditulis, bisa mengirim berbagai jenis file tanpa harus menggunakan MMS, bisa mengirim data jarak jauh via email maupun link penyimpanan online dan bisa menulis di blog seperti yang aku lakukan selama ini. Hal-hal yang dulunya terasa tidak mungkin kini menjadi mungkin karena perkembangan teknologi.
https://www.pricebook.co.id/Nokia-1280/41/PD_00002617



















2. Bisa mendownload film.
Dulu kalau ingin menonton sebuah film misal film anime naruto pasti datang ke warnet dan mendownloadnya via youtube kemudian menyimpannya di HP karena pada waktu itu belum memiliki televisi. Kemudian aku mulai bisa mendownload film melalui website walaupun kadang gagal mendownloadnya karena banayk iklan yang tida habisnya diarahkan dari halaman iklan satu ke halaman iklan lainnya. Ketika mendownload film di website itu 1 film berukuran sekitar 1GB ke atas sehingga aku mendownloadnya melalui warnat. Di fase berikutnya aku mulai bisa mendownload film dari telegram dengan ukuran yang lebih kecil daripada di website sekitar 300 MB perflm. Dan d fase terakhir ini aku bisa mendownload film dari aplikasi BStation dengan ukuran yang lebih hemat sekitar 50-150an MB karena kita bisa memilih resolusi film yang bisa didownload. Setelah mendownloadnya maka kita bisa menonton film itu secara berulang-ulang tanpa memotong kuota internet. Sebenarnya sebelum mengenal BStation itu aku sempat menggunakan aplikasi semacam WeTV tapi waktu itu hanya bisa menyimpan file film sekitar 1 mingguan sedangkan di BStation sepertiinya bisa menyimpan file tanpa batas waktu.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bstar.intl&hl=id&pli=1




















3. Bisa mendesain template blog
Dulu di awal-awal aku memiliki blog, aku menggunakan template bawaan blog yang sederhana. AKu mengutak-atik tampilan blog lewat kostumisasi template. Kemudian aku mulai mengenal template dari website lain sehingga aku mencoba mendownloadnya. Awalnya aku merasa bingung karena beberapa element dari template blog lain itu tidak aku butuhkan. Waktu itu juga bingung cara membuat menu di blog, cara mengubah menu menjadi sub menu dan membuat menu yang responsif. Tapi pada akhirnya aku mendapatkan template blog yang ada menu dan sub menunya, Aku mulai bisa mendesain menu dan submenu blog sesuai dengan kebutuhanku. Sebenarnya aku mengubah template blog ini karena ketidaksengajaan menghapus salah satu element menu template blog sebelumnya dan aku tidak bisa memulihkannya sehingga menunya menghilang. Akhirnya aku mencari ulang template blog dan menemukan template yang lebih bagus dari template sebelumnya.
https://gooyaabitemplates.com/groovify-blogger-template/



4. Membuat tulisan blog tidak bisa dicopy paste
Aku sudah kama mencari tutorial ini tapi kebanyakan menggunakan kode HTML yang cukup rumit atau menggunakan DMCA. Hingga tibalah beberapa hari yang lalu aku menemukan tutorial agar tulisan tidak bisa di copy paste menggunakan kode HTML yang mudah karena tinggal downnload filenya lalu copy paste kode HTML tersebut ke blog kita. Dan ternyata berhasil. Aku bersyukur sekali menemukan tutorial itu. Link Tutorial agar tulisan blog tidak bisa di copy paste

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang aku syukuri karena dulu terasa sangat sulit bagiku tapi sekarang menjadi sangat mudah untuk aku lakukan. Semoga kita bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk melakukan berbagai hal yang baik dan bermanfaat.



Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama