Tulisan Hari Ke Lima Belas - Kejutan Selama Kuliah


Dulu aku berpikir kalau kuliah itu sama persis seperti sekolah,kita menjalani sebuah rutinitas pelajaran yang terjadwal secara teratur, kemudian pulang ke rumah untuk istirahat, ikut ujian UTS dan UAS lalu lulus. Namun, ternyata banyak hal yang berbeda ketika aku kuliah. Mungkin bagi sebagian orang hal-hal ini adalah sesuatu yang sangat wajar terjadi di perkuliahan.. Namun, bagiku yang sebelumnya sama sekali tidak mengetahui dunia perkuliahan pun merasa ini semua adalah sebuah kejutan :

 

Mengulang mata kuliah

Ketika semester 1 kuliah kita harus mengikuti mata kuliah yang telah di tentukan oleh pihak fakultas. Kemudian di semester selanjutnya kita bisa menentukan sendiri mata kuliah apa saja yang perlu diambil sesuai pada buku panduan perkuliahan di fakultas itu. Apabila ada mata kuliah yang tidak lulus d semester itu (mendapat nilai D atau E) maka kita wajib mengulangnya di semester selanjutnya. Dan secara otomatis ada satu atau beberapa matkul di semester selanjutnya yang harus kita tinggalkan karena kita mengisi SKS nya untuk mengulang mata kuliah semester sebelumnya. Misalnya semester 1 mengambil matkul A,B,C,D,E,F. Kemudian kita harus mengulang mata kuliah D dan E di semester 3, maka di semester 3 yang seharusnya kita bisa mengambil  mata kuliah G,H,I,J,K,L pun akhirnya hanya bisa mengambil matkul D,E,G,H,I,J sedangkan mata kuliah K dan L harus diambil di satu tahun semester selanjutnya. Jadi aturannya mata kuliah ganjil yang di ulang hanya bisa diambil di semester ganjil berikutnya, begitu pula sebaliknya untuk mata kuliah yang mengulang di semester genap. Sebenarnya ada alternatif lain jika ingin disemester selanjutnya tetapbisa mengambil mata kuliah yang seharusnya diambil sesuai dengan buku panduan yaitu dengan mengambil semester pendek selama liburan. Namun, untuk mengambil semester pendek ini diperlukan biaya per SKS diatas Rp.100.000. Misal mengambil 3 matkul yang masing-masing 3 SKS maka biaya semester pendek yang harus di bayarkan adalah Rp. 300.000 x 3= 900.000.

Selama menjalani perkuliahan itu aku pernah beberapa kali mendapatkan nilai C dan aku tidak mengulang mata kuliah tersebut maupun mengambil semester pendek karena nilai C itu masih bisa lulus dan aku ingin mata kuliahku selesai di semester 6 , semester 7 tinggal PKL, kemudian mengurus penelitian, semester 8 penelitian dan skripsian dan lulus tepat waktu. Walaupun pada akhirnya semua rencanaku meleset jauh sampai semester 9 karena adanya pandemi corona yang membuat penelitian tertunda. Namun, setidaknya kita sebagai manusia pernah berusaha mengusahakan yang terbaik. Dan untuk urusan hasil kita pasrahkan kepada Allah SWt.

 

Jadwal kuliah yang berjarak

 

Seperti yang sudah sempat aku singgung pada bagian yang sebelumnya kalau di sekolah sebelumnya jadwal pelajaran itu sangat teratur dan berurutan. Namun, ketika kuliah  maka kita pun mengambil jadwal yang berbeda-beda dan di kelas yang berbeda-beda.

Misalnya :

Hari

Mata Kuliah

Jam

Kelas

Senin

Ilmu Ternak Ruminansia

06.30-08.00

A

 

Ilmu Ternak Non Ruminansia

08.10-10.00

A

 

Ilmu Ternak Unggas

14.10-15.00

B

Selasa

Ilmu Hijauan

08.10-10.00

A

 

Ilmu Nutrisi Ruminansia

10.10-11.50

C

 

Pengolahan Hasil Ternak

12.20-13.50

A

 

Tingkah Laku Ternak

14.10-15.00

B

Rabu

Perundang-Undangan Peternakan

06.30-08.00

D

 

Manajemen Perekonomian Peternakan

10.10-11.50

A

 

Teknologi Hasil Ternak

14.10-15.00

A

 

Dan seterusnya

 

 

 

Biasanya aku berusaha untuk mengambil kelas yang sama atau maksimal mengambil 2 sampai 3 kelas yang berbeda karena semakin banyak jumlah kelas yang berbeda itu memperbesar terjadinya bentrokan jadwal praktikum antar kelas. Sedangkan untuk jam kelasnya sebisa mungkin aku mengambil kelas pagi agar tidak mager/malas gerak dan menghindari jam sore karena perkuliahan pada sore hari itu rawan mengantuk saat berada di dalam kelas ditambah semilir angin dari pepohonan di sekitar kelas. Sebenarnya penentuan kelas dan jam kuliah ini juga tergantung pada kelas yang tersedia saat KRS-an (Mengisi Kartu rencana Studi) di Sistem Informasi Akademik Mahasiswa. Pada saat mengisi KRS terjadi rebutan kelas yang diisi oleh dosen favorit mahasiswa entah itu Favorit dari cara penyampaian, tingkat keramahan dosen sampai dengan model pemberian nilai. Dalam beberapa detik saja kelas favorit langsung penuh sehingga situasi KRS an itu sangat mendebarkan seperti dalam situasi perang ( KRS-WAR).

 

Mungkin kejutan diatas adalah hal-hal yang wajar dan memang seharusnya seperti itu. Aku saja yang belum mengetahui seputar perkuliahan sehingga menganggap hal itu sebagai kejutan karena jauh berbeda dengan dunia sekolah. Nah, berikutnya aku akan berbagi cerita beberapa kejutan lain yang ku alami seputar perkuliahan :

Rezeki Makanan

Dulu ketika aku masih mahasiswa baru itu sering sekali membeli makanan di warung depan kosku soalnya kan tidak boleh memasak di kos sehingga harus membeli makan 3 kali sehari. Dan pegawai di warung depan kosku itu sering banget berbaik hati memberiku makanan secara gratis, kadang memberi lauk gratis. Sebenarnya aku tetap ingin membayarnya tapi kata beliau tidak perlu, memang berniat memberi makanan kepadaku. Alhamdulillah.

Pernah juga ketika sedang menipis tabungan yang ku miliki eh tiba-tiba ada teman yang bawain makanan ke kos (capjay, udang rebus, soto, nasi goreng). Pernah juga saat ingin buah, tapi aku lupa buah apa waktu itu, buah jeruk kalau tidak salah, eh tiba-tiba dibawain buah sama temanku.

 

Rezeki Uang

Malam itu uang yang ku pegang sudah mulai menipis sedangkan beasiswaku belum cair. Jika keesokan hari beasiswa belum cair mungkin aku perlu bersabar dalam menahan lapar. Dan ternyata saat malam itu aku mengecek atm sudah cair beasiswaku. Alhamdulillah, keesokan harinya aku bisa makan seperti biasanya. Pernah juga ada yang tiba-tiba memberitahuku kalau seseorang mentransfer sejumlah uang ke rekeningku untuk membantuku padahal aku tidak memberitahu kondisiku saat itu tapi pertolongan itu datang tepat waktu. Alhamdulillah.

 

Selamat dari musibah

Saat itu aku sedang mengendarai sepeda di jalan raya dan entah mengapa tiba-tiba kakiku terpeleset dari pedal sepeda sehingga aku hampir jatuh dari sepeda padahal kondisi jalan raya sedang ramai. Tapi Alhamdulillah aku tidak jadi terjatuh dari sepeda sehingga aku selamat sampai tujuan. Pernah juga ketika sedang berangkat ke kampus, dari arah belakang ada mobil yang sepertinya sedang tergesa-gesakarena minggir ke tepi jalan untuk menyalip mobil lainnya dan saat mobil itu menepi untuk menyalip mobil lain tanpa sengaja spion mobilnya menyenggol tanganku yang sedang menyetir sepeda. Secara otomatis aku menjadi oleng dalam menyetir sepeda tapi Alhamdulillah di depanku ada tempat parkir yang luas dan sepi sehingga aku bisa membelokkan sepedaku menepi sambil mengeremnya. Setelah itu aku langsung turun dari sepedaku. Alhamdulillah masih di berikan keselamatan.

 

Nah, itu tadi adalah beberapa kejutan yang ku alami selama kuliah. Yah, pada dasarnya kehidupan ini selalu penuh dengan berbagai hal yang terduga. Ada kejutan-kejutan yang selalu menanti kita sehingga hidup ini menjadi penuh dengan cerita. Semoga kita selalu mampu mengambil hikmah di balik setiap kejadian yang kita alami.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama