Hujan di Bulan Lima Part 3 (Tamat)

“Oh iya mas maaf aku baru ingat kalau aku belum memberitahu alasan aku bersikap jutek di acara wisudanya mas Erfan!” SMS dari Filma kepada Alfa
“Memangnya alasannya kenapa dek?”tanya Alfa Penasaran
“Ya selama di kepengurusan itu aku sudah menjalankan perintah dari mas Erfan. Aku sudah menyampaikan ide-ideku tapi rasanya seperti di abaikan dan tidak di tindaklanjuti!” sms Filma
“Oh,jadi karena itu kamu bersikap jutek. Coba deh kamu ingat-ingat lagi . Ketika Erfan menawarkan bantuan ke kamu soal desain dari setiap ide-idemu, kamu pun mengabaikannya. Dan saat ide desain wisata alam yang kamu konsep itu telah di buatkan desainnya sama Erfan pun juga tetap kamu abaikan. Padahal kan tugas Erfan itu bukan membuat desain tapi memimpin seluruh divisi tapi ia mau membantu desain sampai selesai, Namun,tidak ada tanggapan dari divisimu maupun divisi desain. Sedangkan disisi lain Erfan harus menyelesaikan penelitiannya!”sms Alfa
Filma pun mengingat-ingat sesuatu dan ia pun tersadar kalau sebenarnya selama ini dialah yang sudah mengabaikan dan tidak menghargai usaha Mas Erfan . Namun,ia malah menyalahkan Mas Erfan atas berhentinya Projek Wisata Alam ini. Ia pun menjadi merasa bersalah kepada mas Erfan.
“Ya Ampun aku baru ingat kalau selama ini justru aku yang selalu mengabaikan setiap solusi yang ditawarkan oleh mas Erfan. Aku merasa bersalah sekali!”sms Filma
“Yasudah kamu minta maaf saja ke mas Erfan!” sms dari Alfa
“Iya mas!”SMS dari Filma

Beberapa saat kemudian muncul sms ke HPku. Aku pun heran tumben ada SMS masuk padahal kan biasanya operator telepon saja yang mengirim SMS ke HPku.
“Assalamualaikum mas. Ini Filma!” sms Filma
“Wa alaikum salam dek Filma. Ada yang bisa dibantu?”tanyaku penasaran
“Maaf mas ,kemarin aku sudah bersikap jutek saat menghadiri wisudanya mas!”sms Filma
“iya tidak apa-apa kok dek!” smsku santai
“Sebenarnya aku yang salah sih mas. Selama ini mas sudah menawarkan beberapa alternative solusi terkait projek wisata alam. Tapi akunya yang selalu mengabaikan penawaran mas dan justru menyalahkan mas karena hingga saat ini projek wisata alam belum juga terwujud!” sms filma
“Oh, terkait itu ya. Hmm, aku juga minta maaf dek jika mungkin selama memimpin kepengurusan ini aku belum bisa mewujudkan beberapa tujuan awal dari kepengurusan itu. Nah, sekarang kan kepengurusan di pengang oleh angkatanmu, ku harap kalian bisa belajar dari berbagai kesalahan kepengurusan sebelumnya yak arena kan sebaik-baik orang adalah orang yang selalu belajar dari kesalahannya agar tidak mengulang kesalahan yang sama!” smsku
“Iya mas terima kasih sudah memaafkan saya dan terima kasih sudah menasehatiku. Assalamualaikum!” Ucap Fila
“Sama-sama dek. Wa alaikum salam!” ucaku pelan

*Di rumah Irgy*
“Nak Irgy, kemarin Ibu silaturahmi ke rumah teman kuliah ibu dulu. Mereka sudah punya cucu dan lucu-lucu cucunya!”ucap bu Marwa
“Tuh,bang sudah di kode sama Ibu. Ibu pengen cucu dari Bang Irgy!” ejek Tari adiknya Irgy
“Maaf Bu ,Irgy pulang hanya bisa bawa Ilmu belum bisa bawa menantu!” ucap Irgy
“iya tidak apa-apa nak. Anak laki-laki itu harus bekerja dulu untuk bekal menghidupi anak istrimu kelak!”nasehat Bu Marwa
“Iya Bu. Alhamdulillah Irgy sudah diterima kerja di dinas pertanian. Dan Besok sudah bisa mulai bekerja!” ucap Irgy
“Wah, alhamdulillah nak. Kamu lulus kuliah sudah cepat dapat kerja!” ucap Bu Marwa
“Iya Alhamdulillah Bu!”Ucap Irgy

*Di rumah Alfa*
Hari ini aku sedang berkunjung ke rumah Alfa untuk mengetahui perkembangan bisnisnya.
“Astaghfirullah. Ternyata modal 20 juta yang aku titipkan ke pada salah satu karyawanku malah di bawa kabur sama karyawanku. Bagaimana caraku mempertanggungjawabkan uang itu kepada para investor ya!” keluh Alfa
“Loh kok bisa di bawa kabur. Bagaimana ceritanya?”tanyaku penasaran
“Ya kemarin kan aku sedang sibuk mencari bahan-bahan untuk membuat stik daging kelinci dan aku menitipkan uang 20 juta ke salah satu karyawanku agar uang tersebut di simpan di bank saja supaya aman. Namun, uang itu malah di bawa kabur dan karyawan itu tidak kembali lagi!” keluh Alfa
“aku turut berduka atas musibah yang menimpamu. Semoga ini menjadi pembelajaran agar tidak mudah mempercayakan sesuatu kepada orang baru. Oh iya maaf ya aku belum bisa membantu uang sejumlah 20 juta!” ucapku
“iya tidak apa-apa kok!” jawab Alfa
“Tapi aku bisa membantu mempromosikan usahamu melalui channel youtubeku. Kebetulan jumlah subscriberku diatas 10 ribu orang!”ucapku menawarkan bantuan
“Wah,terima kasih banyak loh ya. Aku merasa berhutang budi !” ucap Alfa
“Kan sesama sahabat harus saling membantu. Dan tidak perlu merasa berhutang budi, dulu selama kuliah kan kamu juga sering membantuku dan aku ingin membalas kabaikan itu!” ucapku tenang
Akhirnya di hari itu pun aku ngevlog di channel youtubeku. Dan aku tidak menyangka sejak saat itu jumlah pembeli di rumah makan milik Alfa mengalami banyak peningkatan sehingga dalam waktu 1 bulan uang 20 juta itu bisa terkumpul kembali. Aku senang bisa membantu sahabatku.

1 tahun kemudian

*Alhamdulillah ya Nak. Akhirnya kamu wisuda!” ucap Ibunya Mayra
“Alhamdulillah ya Bu. Dulu mayra sempat merasa tidak bisa kuliah namun Sekaran bisa wisuda!”Ucap Mayra
“Oh,iya nak. Dulu sewaktu kuliah ibu punya teman Namanya Bu Harsi. Bu Harsi memiliki anak laki-laki bernama Alfa. Ibu rasa Alfa itu anak yang baik, agamanya baik dan sekarang menjadi pengusaha kuliner juga. Cocok sama kamu yang juga memiliki latar belakang Pendidikan ilmu pangan!’ ucap Ibunya Mayra
“Ah,ibu bisa saja. Mayra ingin bekerja dulu Bu 1 atau 2 tahun. Baru lah kemudian melanjutkan S2!” ucap Mayra
“Loh,lalu kapan menikahnya?” tanya Ibunya Mayra
“Insya Allah saat melanjutkan S2 itu Mayra sudah menikah Bu!” jawab Mayra
“Baiklah Nak. Apapun keputusanmu, ibu akan selalu mendukungmu!” ucap Ibunya Mayra

*1 April 2020*

“Alhamdulillah vin. Kemari nada Ikhwan yang datang ke rumahku untuk mengkhitbahku. Insya Allah 1 bulan lagi kami menikah!”sms Iffa kepada Vinny
“Wah, Alhamdulillah Fa, aku senang sekali mendengar kabar bahagia itu. Semoga lancar sampai hari H ya!” sms Vinny
“Iya Aamiin! tanya Iffa
“Oh iya sama siapa Fa? Sama Alfa ya?”tanya Vinny penasaran
“Rahasia deh. Nanti kamu juga akan tau saat datang ke pernikahanku!” ucap Iffa
“Wah,pakai rahasia-rahasiaan. Gapapa deh. Semoga lancar ya!”ucap Vinny
“Aamiin. Oh iya kamu sendiri kapan Vin?”tanya Iffa
“Hmm, belum tau ya Fa. Jodoh tak kunjung datang ke rumahku!” jawab Vinny
“Sabar ya. Banyak-banyak berdo’a saja!” sms  Iffa
“Iya makasih Fa!” sms Vinny

22 April 2020

Sebuah berita duka terjadi. Iffa meninggal dunia karena terserang demam berdarah. Suatu hal yang sangat mengejutkan karena 1 minggu kemudian Iffa akan menikah dengan Aldi. Namun,ternyata maut lebih dahulu menjemputnya. Memang kadang kita tidak pernah tau apakah jodoh ataukah kematian yang lebih dahulu melamar kita. Sehingga keduanya harus sama-sama di persiapkan.

1 Mei 2020

“Memang tidak mudah melupakan Nawa. Seseorang yang pertama kali mengisi hidupku. Namun, semua sudah terlambat dan Nawa tidak mungkin bisa bersamaku lagi. Aku harus belajar move on. Selama setahun ini aku belajar untuk move on dan membuka hati yang baru untuk Mayra, adik kelasku dulu di beasiswa Juang Muda. Mungkin memang bukanlah hal yang mudah membuka hati untuk orang yang baru. Namun,waktu terus berjalan dan kehidupan terus berlalu  Sehingga kita pun juga harus berani mengambil langkah-langkah baru termasuk membuka hati untuk menerima orang yang baru” Ucap Alfa dalam hati
“ Dan mungkin minggu depan aku akan datang ke rumah Mayra untuk meminang Mayra. Semoga saja di terima dan berjalan lancar!” Batin Alfa

Beberapa saat kemudian Alfa pun menelpon Ibunya untuk memohon Doa restu atas rencananya yang akan meminang Mayra minggu depan.
“Assalamualaikum Bu!”ucap Alfa
“Wa alaikum salam Nak. Tumben masih pagi-pagi menelepon Ibu!”tanya Ibunya Alfa
“Bu, Insya Allah minggu depan saya bermaksud untuk ke rumah Bu Fitria untuk bersilaturahmi sekaligus meminang Mayra!”Ucap Alfa
“Loh serius nak. Kok mendadak sekali!”ucap Ibunya Alfa
“Iya mohon maaf Bu. Alfa baru sekarang bisa memberitahu Ibu.!”ucap Alfa
“Oh,iya Bu Fitriawati istrinya Pak Tono ya?”tanya Ibunya Alfa
“Iya Bu. Betul sekali!”jawab Alfa
“Oh iya Ibu baru ingat kalau bu Fitriawati itu sahabat ibu sewaktu kuliah dulu. Kita pernah berjanji kalau suatu hari memiliki anak laki-laki dan perempuan akan di jodohkan!”ucap Ibunya Alfa
“Wah, alhamdulillah tepat sekali bu. Alfa mohon do’a restunya ya Bu!”ucap Alfa
“Iya Nak. Ibu pasti merestuimu!”ucap Ibunya Alfa

Alfa pun merasa senang karena akhirnya ia mendapat restu dari ibunya untuk meminang Mayra. Ia semakin yakin kalau ia pasti berhasil meminang Mayra dan hidup bersama dengan Mayra.

Pagi itu aku baru saja selesai mengupload vlog terbaruku ke youtube. Kemudian aku melanjutkan menyelesaikan mengetik novelku. Tiba-tiba suara Hp ku berdering dan ku lihat ada telepon dari Alfa. Aku pun segera mengangkatnya karena siapa tau ini telepon penting.
“Assalamualaikum Erfan!” ucap Alfa
“Wa alaikum salam Alfa. Tumben pagi-pagi sudah menelepon. Ada apa?”tanyaku penasaran
“Alhamdulillah aku membawa kabar baik!”ucap Alfa
“Wah, kabar apa itu?”tanyaku semakin penasaran
“Insya Allah Minggu depan aku akan meminang seorang Akhwat!’ucap Alfa
“Wah, aku juga ikut merasa senang atas kabar itu. Selamat ya Alfa. Oh iya siapa nama akhwat itu?”tanyaku penasaran
“Mayra Faradila. Dia adik kelas kita saat di beasiswa Juang Muda dulu!”jawab Alfa bersemangat
“Serius Fa?”tanyaku seperti tidak percaya
“Iya serius bahkan duarius. Kenapa Fan? Kamu kok seperti kaget seperti itu?”tanya Alfa
Aku pun tidak bisa berkata-kata karena seseorang yang telah lama aku tunggu, telah aku sebut Namanya dalam setiap Do’aku ternyata akan menikah dengan sahabatku sendiri. Hamba harus bagaimana Ya Allah. Hamba tidak ingin kehilangan Mayra. Namun, disisi lain hamba tidak ingin merusak tali persahabatan ini. Hamba Dilema ya Allah.
Selama beberapa saat aku hanya bisa terdiam dalam berbagai kekacauan hati dan pikiran.
“Halo!” ucap Alfa
“Halo!” ucap Alfa
“Halo!” ucap Alfa
“Halo. Erfan Halo!” ucap Alfa
“Eh,iya maaf Fa. Selamat ya. Semoga lancar sampai hari H dan menjadi keluarga yang sakinah, Mawaddah dan Warahmah!”ucapku menyembunyikan kegalauanku
“Aamiin!”ucap Alfa bersemangat
Sejak saat itu hari-hariku penuh dengan kegalauan dan dilematis. Aku bingung memilih antara tetap memperjuangkan Mayra ataukah mengikhlaskan Mayra demi keutuhan persahabatanku dengan Alfa.

*8 Mei 2020*
Di rumah Mayra
“Maksud kedatangan saya kesini untuk bersilathurahmi dan meminang Mayra!” ucap Alfa dengan tenang
“Nak Alfa itu anaknya Bu Harsi ya?”tanya Bu Fitria
“Iya benar sekali Bu!”jawab Alfa
“Wah, Bu Harsi itu sahabatku saat masih kuliah dulu. Memang sudah sejak lama kami ada rencana untuk menjodohkan kalian. Kalau saya pasti merestui kalian!”Ucap Bu Fitria
“Alhamdulillah Bu. Terima kasih Bu!”ucap Alfa sangat senang
“Namun, semua keputusan ibu serahkan kepada Mayra karena Mayra yang akan menjalani semua ini!”Ucap Ibu Fitria
“Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas niat baik mas Alfa yang bermaksud meminang saya tanpa melalui proses pacarana. Saya sangat menghargai hal itu!”Ucap Mayra
“Alhamdulillah sama-sama Mayra!’Ucap Alfa deg-degan menanti kata demi kata selanjutnya
“Namun, Mohon maaf . Saya sudah memiliki pilihan saya sendiri. Mohon maaf apabila saya tidak dapat menerima pinangan mas Alfa!”ucap Mayra
Alfa pun merasa terkejut sekaligus berusaha bersikap tenang menerima kenyataan pahit ini. ia terdiam selama beberapa saat lalu ia pun mulai berbicara lagi.
“Mungkin ini menjadi sesuatu yang berat bagi saya . Namun, saya akan belajar berlapang dada menerima semua kenyataan ini. kalau sekiranya boleh tau siapakah orang pilihan Mayra?”tanya Alfa Penasaran
“Mas Erfan!” jawab Mayra
Alfa pun sangat tidak menyangka dengan jawaban itu. Karena selama ini Erfan dan Mayra saling menjaga jarak. Dan tidak pernah terdengar tentang kisah mereka. Mungkin saja mereka saling diam dalam kata namun berbicara dalam ribuan doa di keheningan sepertiga malam. Sehingga diamini oleh penduduk langit dan bumi. Sungguh tidak ada yang mustahil kan. Akhirnya Alfa pun berpamitan pulang. Dalam hati ia pun berkata “kenapa ya aku selalu di pertemukan dengan orang-orang yang tidak bisa ku miliki?”  Kapan ya aku akan benar-benar bertemu dengan seseorang yang memang tercipta untukku?”
Sore itu hujan sangat deras disertai dengan kilatan petir yang menyambarnyambar. Hujan berlangsung lama sampai dini hari sehingga suhu udara pun sangat dingin.

*9 Mei 2020*
“Kenapa aku berada disini ya?”tanya Alfa yang baru sadar
“Semalam kamu mengalami kecelakaan di jalan raya dan di bawa oleh warga ke rumah sakit ini!”ucap Dokter Yulianti
“Oh jadi begitu ya. Semalam saya memang menyetir dalam keadaan mengantuk sehingga menjadi kurang konsentrasi!” ucap Alfa
“Nah, itu berbahaya Fa. Lain kali apabila mengantuk sebaiknya istirahat dulu!”jawab dokter Yulianti
“Kok tau namaku?”tanya Alfa Penasaran
“Lupa ya dengan aku. Aku Yulianti teman kamu ketika ada acara Jelajah Nusantara dulu. Kamu Alfa Ketua Jelajah Nusantara 2018 kan?”Tanya Dokter Yulianti
“Oh iya aku baru ingat. Kamu Yulianti dari Fakultas Kedokteran kan dan dulu menjadi ketua divisi kesehatan Jelajah Nusantara kan?”tanya Alfa
“Iya benar sekali. Dulu kamu keren loh saat menjadi ketua pelaksana. Jiwa kepemimpinanmu sangat kuat!”puji dokter yulianti
“Kamu juga menjadi ketua tim kesehatan yang sangat baik dan selalu siap menolong orang yang membutuhkannya!”puji Alfa
“Iya kamu bisa saja. Pasti sangat cocok sekali ya kalau keduanya bersatu!”ucap dokter Yulianti keceplosan
“Maksudnya?”tanya Alfa
“Eh, maaf bukan apa-apa. Oh iya selamat beristirahat dulu ya!”ucap Dokter Yulianti
“Iya Dok!”ucap Alfa singkat
Akhirnya Alfa pun beristirahat  sedangkan dokter Yulianti keluar ruangan dengan tersenyum-senyum sendiri dan membuat heran dokter-dokter lainnya. Tak lama kemudian aku pun datang ke rumah sakit untuk menjenguk Alfa dan langsung masuk ke ruangan tempat Alfa di rawat.
“Assalamualaikum Alfa. Bagaimana keadaanmu?”tanyaku
“Wa alaikum salam Erfan. Alhamdulillah baik. Hanya lecet di tangan ,kaki dan sedikit pusing saja!”ucap Alfa
“Syukurlah kalau tidak parah. Keluargamu sudah datang?”tanyaku
“Nanti sore keluargaku akan datang!”Jawab Alfa
“Oh iya selamat ya Fan!”Ucap Alfa
“Selamat buat apa?”tanyaku heran
“Selamat ya Mayra memilihmu!”ucap Alfa
“Loh tapi kan kamu sudah meminang Mayra!”ucapku heran
“Iya tapi Mayra lebih memilihmu!”jawab Alfa
“Maafkan atas keadaan ini ya!”ucapku merasa bersalah
“Kenapa meminta maaf. Justru harusnya aku yang minta maaf karena tidak tau kalau Mayra memilihmu dan pastinya kau mengharapkan Mayra kan?”tanya Alfa penasaran
“Iya. Maaf aku tidak pernah memberitahumu karena tidak ingin merusak persahabatan kita!”jawabku
“Ya Ampun besar sekali pengorbananmu untuk utuhnya persahabatan kita. Namun, sepertinya takdir telah menyatukan kau dan Mayra!”ucap Alfa
“Iya Alhamdulillah. Nanti pasti Allah akan memberikan ganti yang lebih baik untuk membersamaimu!”ucapku berusaha menenangkan
“Aamiin!”ucap Alfa
Dan hari berganti minggu, minggu berganti bulan. Di akhir tanggal 20 Mei 2020 pun aku datang untuk meminang Mayra. Dengan penuh rasa yakin dan rasa tawakal aku meminangnya. Namun, ternyata Mayra meminta waktu 1 tahun lagi karena ia ingin bekerja terlebih dahulu dan belum siap berkeluarga untuk saat ini. Baiklah aku akan sabar menunggu waktu satu tahun itu. Sementara itu di tanggal 1 Desember 2019 Alfa pun menikah dengan dokter Yulianti. Teman saat Jelajah Nusantara itu. 2 orang yang awalnya tidak saling mengenal karena berbeda jurusan . Lalu di pertemukan melalui kegiatan jelajah Nusantara dan peristiwa kecelakaan mobil di malam itu. Sedangkan Irgy dan Vinny pun juga menikah di tanggal 1 Januari 2020. Mereka adalah 2 orang yang berasal dari fakultas yang sama yaitu fakultas pertanian, sering mengikuti perlombaan bersama di dalam negeri maupun diluar negeri. Kemudian membangun usaha bersama dibidang produk-produk pertanian dan akhirnya kini menjalani hidup bersama. Sungguh takdir menyatukan mereka sejak masa perkuliahan.

21 Mei 2021
Alhamdulillah hari yang di tunggu itu pun telah tiba dan akhirnya kini aku resmi hidup berkeluarga dengan Mayra. Walaupun dalam perjalanan kami terdapat berbagai lika-liku. Namun, bila memang takdir telah menyatukan kami maka kami pun akan tetap Bersatu. Dan hari itu di sambut dengan hujan selama 2 jam dan kemudian muncul pelangi yang begitu indahnya. 


TAMAT

*cerpen ini hanyalah kisah fiktif dan bersifat hiburan. Apabila  terdapat kesamaan nama, tempat dan peristiwa maka itu hanyalah kebetulan saja.

Lebih baru Lebih lama