Jangan takut sebelum mencoba





Assalamualaikum
Alhamdulillah kita masih di berikan kesempatan untuk menikmati sejuknya udara segar di hari ini. Alhamdulillah pulan saya sebagai penilis blog ini masih di berikan kesempatan serta kemampuan untuk mengisi blog ini dengan tulisan sederhana yang insya Allah akan penuh inspirasi. baiklah pada kali ini saya akan share pengalaman saya tentang kegiatan saat training For Trainer kemarin di Gedung IKA Universitas Brawijaya. Pada saat acara training For Trainer  pematerinya adalah bapak Iqro Wahyu perdana. Dalam acara training tersebut ada sesuatu hal yang paling  berkesan yaitu  saat setiap peserta training disuruh untuk meniup sebuah balon sampai meletus. Ya mungkin kalau di pikir secara logika hal itu adalah hal yang sia-sia. Namun, ada sebuah pelajaran yang berharga dalam kegiatan tersebut yaitu “Jangan takut sebelum mencoba” .  ketika kita di suruh untuk meniup balon sampai habis maka secara otomatis otak kita akan memiliki rasa takut, takut kalau kaget, takut kalau bibir kita terasa sakit dan berbagai ketakutan lainnya. Padahal hal itu masih belum terjadi tapi karena rasa takut telah lebih dahulu mendahului usaha kita maka akhinya kita pun tidak jadi mencoba. Namun, karena terus di suruh meniup sampai balon  meletus maka kita pus terus berusaha meniup balon tersebut sampai meletus. Walau pun masih sering kali ada rasa was-was. Tapi setelah balon meletus Duarrrr ternyat ya hanya sekedar kaget saja dan kita sama sekali tidak terluka. Kita telah berhasil meletuskan balon yang walanya sangat kita takuti letusan balon yang kita tiup secara langsung. Namun, ternyata yang terjadi tidak sebesara ketakutan kita tersebut.
            Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari. Sering kali kita takut untuk melakukan sesuatu yang belum terjadi padahal kita belum pernah mencobanya. Seringkali ketakutan itu mempersulit kita dan menggagalkan kita dalam banyak hal. Padahal saat kita berani mencoba sesuatu maka kita akan memiliki 2 kemungkinan yaitu berhasil dan gagal. Sedangkan ketika kita tidak berani mencoba apapun maka kita hanya punya satu kemungkinan yaitu gagal. Sering kali sesuatu yang kita takuti tak semenakutkan hal yang sebenarnya terjadi karena ketakutan dalam diri kita lebih besaar daripada sesuatu yang akan kita hadapi tersebut. tetapi ketika kita mampu menghadapi ketakutan tersebut maka akhirnya kita pun tersadar bahwa hal kita hadapi adalah hal biasa yang tidak perlu kita takuti.
            Jadi kesimpulannya adalah jangan takut untuk mencoba. Teruslah mencoba walau pun di dalam perjalananmu untuk mencoba tersebut kau temui kegagalan dan rintangan. Tapi sesungguhnya kegagalan dan rintangan itulah yang akan menguatkanmu menjadi pribadi yang tangguh.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama