keinginan vs kebutuhan

Assalamualaikum Wr.WB
Selamat malam para pembaca setia blog Syaroniipa DuaKali ini admin akan melanjutkan menulis postingan yang berjudul Keinginan vs kebutuhan. di postingan sebelumnya kan admin mengatakan bahwa kesenangan merupakan bagian dari keinginan. nah,kali ini admin akan membahas tentang keinginan vs kebutuhan.





            Di dalam hidup ini kita selalu di hadapkan pada keinginan dan kebutuhan. Dan 2 hal tersebut tidak pernah dapat terpisahkan dari kehidupan kita. Kita memperlukan kesenangan untuk memenuhi kebutuhan jiwa kkta agar jiwa kita bias refreshing dan tidak strees. Dan selama kita hidup maka kita akan selalu memiliki keinginan. Dengan adanya keinginan tersebut maka kita akan dapat bertahan karena ada sesuatu yang harus di perjuangkan atau ingin di capai. Kesenangan itu bisaberupa suatu pencapaian,hiburan , membeli barang barang kesukaan, meakan makanan yang lezat, berkumpul dengan orang orang yang kita sayangi maupun hal hal yang menyenanangkan lainnya. Begitu pula dengan kebutuhan kita juga memerlukan pemenuhan kebutuhan untuk mencukupi keperluan jiwa maupun raga kita.kebutuhan dapat berupa kebutuhan makan ,minum, olah raga,tidur, beribadah dan lain lain sebagainya. Terkadang kita sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga kita cenderung berusaha memenuhi semua keinginan kita padahal apa yang kita inginkan itu belum tentu kita perlukan dan belum tentu baik untuk kehidupan kita. Misalnya kita melihat teman teman kita memiliki HP android terbaru lalu kita ingin memiliki HP yang sama . Padahal HP kita yang sebelumnya juga masih bagus dan dapat kita pakai namun karena adanya rasa gengsi dan tidak ingin dianggap ketinggalan jaman akhirnya kita membeli HP baru seperti milik teman teman kita padahal sebenarnya kita tak memerlukan HP baru. Nah disinilah contoh kondisi ketika kita tak mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan sehingga kita cenderung menggunakan uang kita untuk hal hal yang kurang bermanfaat dan lebih banyak mudhorotnya. Lalu apakah memenuhi keinginan itu adalah suatu kesalahan? Tentu saja tidak. Kita perlu memenuhi keingian karena keinginan termasuk dari keperluan hidup yang perlu di penuhi. Namun, kita juga harus mampu melihat dan memprioritaskan keinginan tersebut apakah keinginan tersebut harus segera di penuhi atau tidak. Sehingga kita dapat mengatur keinginan kita untuk memenuhi keinginan tersebut. Namun, bila keinginan itu tidak terlalu penting maka kita tak perlu memenuhinya sekarang, kita dapat memenuhinya di lain waktu. Kebutuhan itu adalah sesuatu yang harus segera di penuhi dan apabila tidak di penuhi maka akan menimbulkan berbagai dampak negative bagi kehidupan kita. Misalnya kita membutuhkan makan dan tidur. Lalu kita tidak makan dan tidak tidur. Maka secara otomatis maka kita akan mengalami sakit karena kebutuhan  akan makan untuk memproduksi energy tidak terpenuhi dan kebutuhan akan tidur untuk memulihkan tenaga dan membentuk sel sel tubuh pun juga tidak terpenuhi dan akhirnya kita sakit. Dan pada saat kita sakit maka berbagai hal yang kita rasakan pun akan terasa tidak menyenangkan dan terasa pahit.

            jadi intinya kalau keinginan itu tidak harus segera di penuhi sedangkan kebutuhan itu sangat wajib untuk di penuhi.



Sekian postingan kali ini. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya .

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama