trik menghadapi teman yang tertutup


dari sekian banyak teman yang kamu miliki pastinya kamu pernah menemukan teman yang cenderung bersikap tertutup. mungkin kamu akan kesulitan untuk memahami teman yang tertutup karena teman yang tertutup jarang sekali atau bahkan tidak pernah mengatakan apapun yang dipikirkan dan di inginkannya. yah, cuma sekedar berbagi pengalaman aja. dulu ketika kelas XI SMA aku memiliki teman yang tertutup, sebut saja si P , kebetulan dia satu tim drama denganku. awalnya aku kesulitan untuk mengajaknya diskusi menyusun naskah drama karena orangnya hanya diam saja. aku panggil namanya tapi orangnya tak mau menoleh ke arahku. yah,aku di kacangin. yaudah nggak apa apa. aku akan melakukan beberapa cara untuk menghadapi teman pendiam :

1. jadilah teman yang bertanggung jawab

terkadang seseorang bersikap tertutup karena belum terlalu percaya dengan kita. sehingga kita perlu membuatnya percaya
dengan cara menjadi orang yang bertanggung jawab. kita tunjukan kalau kita mampu bekerja dengan baik. nah,dengan begitu dia akan percaya kepada kita dan yakin kalo kita adalah orang yang bisa diandalkan dan diajak kerja sama. ketika dia sudah mulai mempercayai kita maka dia pun mau terbuka kepada kita.

2. jangan kepo

pada jaman ini, kepo adalah hal yang dianggap wajar. tapi kalo kita menghadapi orang yang tertutup maka kita dilarang kepo. karena biasanya orang yang tertutup itu malu untuk menceritakan kehidupannya. jika kita kepo dan mengintrogasinya dengan sejuta pertanyaan maka dia akan merasa tak nyaman dan akhirnya malah menjauh dari kita.

3. dapat di percaya

orang yang tertutup sangat jarang sekali menceritakan masalahnya kepada orang lain. apabila orang yang tertutup curhat kepada kita maka itu tandanya dia percaya kalo kita dapat menjaga rahasia itu. kalo kita udah dipercaya ya sebaiknya kita dapat dipercaya dan menjaga rahasianya. karena sekali saja kita menghianati atau membocorkan rahasianya maka kemungkinan dia tidak mau lagi terbuka sama kita.

4. memulai pembicaraan

seperti yang saya katakan di awal tadi kalo orang yang tertutup itu malu untuk menceritakan kehidupannya. sehingga kita perlu membuka pembicaraan dengan menceritakan pengalaman dalam hidup kita,siapa tau aja dia memiliki pengalaman yang sama seperti kita dan dia pun merespon perkataan kita. dan akhirnya dia mulai terbuka kepada kita.

5. buatlah dia merasa nyaman

kita perlu membuatnya akrab kepada kita dengan cara bersikap ramah, baik,terbuka dan setia kawan kepada dia sehingga dia akan semakin akrab dengan kita. kalo dia udah akrab sama kita maka secara perlahan lahan dia akan mulai terbuka kepada kita.

nah,itu tadi adalah cara menghadapi teman yang tertutup. selamat mencoba. semoga berhasil.


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama