Cara mencegah pemborosan


Kita semua tentunya sudah tahu kalau pemborosan merupakan kebiasaan negatif yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Karena pemborosan dapat menyebabkan krisis keuangan dan tindakan kriminalitas. Oleh karena itulah kita perlu mencegah sikap pemborosan. Nah,berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah pemborosan. Antara lain :
1. Membuat prioritas kebutuhan
Prioritas kebutuhan merupakan catatan yang berisi urutan kebutuhan dari kebutuhan yang paling penting sampai kebutuhan yang kurang penting. Dengan membuat prioritas kebutuhan maka kita dapat mendahulukan pembelian barang barang yang benar benar sangat dibutuhkan daripada barang barang yang kurang di butuhkan. 2. Membeli barang seperlunya
Terkadang kita membeli barang dalam jumlah banyak. Hal itu memang wajar karena kita ingin mempersiapkan kebutuhan di hari hari selanjutnya. Namun,ada hal yang perlu di perhatikan yaitu apakah barang yang kita beli tersebut dapat bertahan lama atau tidak. Misalnya : kita membeli 1 lusin sampo untuk kebutuhan keramas selama beberapa hari. Maka hal itu tidak masalah karena sampo mampu bertahan sampai beberapa bulan. Contoh lainnya : misalnya kita membeli daging ayam untuk lauk pauk. Maka sebaiknya kita membeli seperlunya saja, jika kita hanya membutuhkan 1 kg daging ayam saja maka kita hanya perlu membeli 1 kg karena daging ayam tidak dapat bertahan lama. Jadi,kesimpulannya belilah sesuatu seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan kita.
3. Menabung
Menabung merupakan suatu kegiatan menyisihkan sebagian uang kita. Menabung dapat dilakukan dimana saja, baik di celengan, di bank maupun di kantor pos. Menabung dapat mencegah kita untuk melakukan pemborosan. Selain itu menabung juga dapat mengumpulkan uang untuk modal usaha maupun simpanan uang yang bisa dipakai saat kita sedang mengalami kesulitan ekonomi.
4. Sedekah
Sedekah merupakan suatu kegiatan memberikan sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkannya. Sedekah mampu melatih kedermawananan kita dan kepedulian kita terhadap kesulitan yang dialami oleh orang orang yang mengalami kesulitan ekonomi.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama