Cara mencegah penyalahgunaan narkoba



Narkoba merupakan singkatan narkotika dan obat obatan. Narkotika merupakan obat obatan yang di gunakan dalam dunia medis untuk obat penenang, pembiusan dan lain lain. Narkoba memiliki banyak jenis yaitu stimulant,depresan,narkoba tingkat 1 sampai narkoba tingkat 4. Pada saat ini peredaran narkoba berkembang sangat pesat sekali. Dan para pengedar narkoba pun semakin kreatif dalam mengedarkan narkoba mulai dari mengemas narkoba dalam bentuk minuman, makanan,permen dan kue. Sehingga terkadang seseorang tak sadar telah mengonsumsi narkoba. Sehingga semakin banyak orang yang kecanduan narkoba. Namun adapula sekelompok orang yang sengaja mengonsumsi narkoba. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengonsumsi narkoba antara lain :
1. Hubungan rumah tangga yang berantakan menyebabkan seseorang melampiaskan semua masalahnya ke narkoba. Karena orang tersebut berpikir bahwa dengan mengonsumsi narkoba maka ia dapat melupakan semua masalahnya. Hal inilah yang membuat banyak orang melampiaskan masalahnya ke narkoba. 2. Hanya ingin coba coba
Masa remaja merupakan masa masa yang penuh dengan keinginan untuk mencoba coba hal baru. Dan tidak menutup kemungkinan seorang remaja ingin mencoba narkoba. Karena remaja ingin tahu bagaimana rasanya mengonsumsi narkoba.
3. Ikut ikutan temannya
Terkadang dimasa masa remaja seseorang akan mementingkan solidaritas dan kekompakan antar teman. Apabila temannya ada yang mengonsumsi narkoba maka tak menutup kemungkinan seorang remaja akan ikut ikutan mengonsumsi narkoba sebagai wujud solidaritas dan kekompakan dalam suatu kelompok.
4. Kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba
Kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba menyebabkan seseorang mengonsumsi narkoba.
Setelah kita mengetahui penyebab seseorang mengonsumsi narkoba maka kita harus mengetahui dampak negatif narkoba antara lain :
1. Merusak kesehatan. 2. Merusak masa depan,karir,keluarga. 3. Merugikan diri sendiri dan orang lain. 4. Kematian
Nah,sekarang kita sudah tahu kan kalau narkoba itu memiliki dampak negatif bagi kehidupan kita. Oleh karena itu kita harus menjauhi narkoba. Ada beberapa cara untuk menjauhi narkoba antara lain : 1. Meningkatkan keimanan kita kepada allah swt 2. Menambah pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi diri sendiri maupun orang lain. 3. Menjaga keharmonisan keluarga. 4. Menangkap para pengedar narkoba. 5. Memberi rehabilitasi kepada para pengguna narkoba. 6. Menyibukkan diri dengan kegiatan positif misalnya ikut kompetisi olahraga,menulis,dll
Nah,sekarang teman teman sudah tahu kan cara mencegah penyalahgunaan narkoba. Mari kita hidup ,bahagia dan berprestasi sehat tanpa narkoba.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama