cara menjadi murid yang cerdas



1. rajin belajar

belajar itu hampir sama seperti seseorang yang sedang makan. kita akan lebih mudah menghabiskan sepiring nasi secara bertahap dengan menggunakan sendok daripada langsung menelan satu piring nasi. begitu juga saat kita sedang mempelajari suatu ilmu. kita akan lebih mudah mempelajari sedikit demi sedikit ilmu secara bertahap daripada mempelajari semua ilmu dalam semalaman (sistem kebut semalaman). dengan rutin belajar setiap hari maka otak kita akan mudah dan ringan mempelajari suatu ilmu.

2. rendah hati
sebagai seorang murid kita pastinya sudah menerima banyak ilmu dari guru guru kita. namun, kita namun, kita tak boleh menyombongkan semua ilmu yang telah kita miliki. karena kesombongan hanya akan membuat kita merasa sudah sangat baik sehingga kita sulit dan malas untuk berusaha menjadi lebih baik lagi. oleh karena itulah kita perlu merasa rendah hati. karena dengan kerendahan hti itulah kita akan merasa bahwa masih sedikit sekali ilmu yang kita miliki. sehingga kita semangat untuk mempelajari lebih banyak ilmu lagi. elain itu sikap rendah hati akan menjauhkan kita dari rasa gengsi saat kit belajar kepada seseorang yang status sosialnya di bawah kita. sehingga kita bisa belajar darimana saja,bisa belajar ilmu mennam dari petni, ilmu menjual dari penjualk bakso dan lain lain. dengan demikian maka ilmu yang kita peroleh akan sangat luas dan kita akan menjadi orang yang cerdas.

3. sering berlatih mengerjakan soal

seperti pepatah yang mengatakan bahwa semakin sering pisau di asah maka pisaunya akan semakin tajam. begitu pula otak kita apa bila kita sering mengasah otak kita maka otak kita akan semakin cerdas dan mudah untuk mengerjakan soal soal yang sulit karena kita sudah terbiasa untuk mengerjakan soal tersebut.

4. ikhlas menerima pelajaran

di dalam kelas kita menemui berbagai karakter guru. ada guru yang sangat sabar dan baik hati. namun,ada pula guru yang sangat tegas dan sering memberi banyak tugas. sehingga kita merasa bosan dengan guru yang seperti ini. awalnya kita mulai tidak suka dengan guru tersebut. namun,lama lama kita akan mulai tidak suka dengan ilmu yang di ajarkan oleh guru tersebut. sehingga kita mulai malas memperhatikan penjelasan pelajaran dari guru tersebut. dan secara otomatis kita tidak akan memperoleh ilmu secara mksimal. atau mungkin parahnya lagi kita tak akan mendapatkan ilmu apa apa. kan kita sendiri yang akan rugi.
nah,maka dari itu kita perlu ikhlas menerima pelajaran dari guru kita meskipun guru kita selalu memberi banyak tugas kepada kita. dengan perasaan ikhlas itulah kita dan berpikir positif bahwa semua tugas tersebut di berikan oleh guru kita demi kebaikan kita di masa depan. sehingga dengan keikhlasan tersebut kita akan merasa ringan dan senag dalam mencari ilmu.

5. mengamalkan ilmu
setelah kita mendapatkan ilmu yang baru maka alangkah lebih baiknya kita juga mengamalkan ilmu kita dengan cara menyampaikan ilmu tersebut kepada orang lain. karena dengan cara inilah kita akan berusaha mengingat sesuatu yang ingin kita sampaikan kepada orang lain. hal ini akan memperkuat daya ingat kita terhadap ilmu yang kita pelajari. selain itu kita juga akan terlatih untuk menyampaikan informasi dengan bahasa yang baik.
selain dengan cara menyampaikan ilmu kepada orang lain, kita juga dapat mengamalkan ilmu kita dengan cara menerapkan ilmu kita dalam kehidupan sehari hari. sehingga kita tak hanya menguasai ilmu secara teori saja namun kita juga akan menguasai ilmu secara praktek.

6. mencatat pokok pokok penting suatu pelajaran

kita dapat membuat catatan kecil tentang inti atau bagian bagian penting dari suatu pelajaran. sehingga catatan kecil tersebut dapat kita bawa dan kita baca dimana saja. sehingga kita pun akan lebih mudah menghafal dan menguasai suatu pelajaran.

7.berdoa

sebagai manusia yang selalu membutuhkan bimbingan ALLAH dalam setiap lngkah kita termasuk dalam hal belajar maka alangkah lebih baiknya jika selalu mengawali aktivitas belajar kita dengan doa agar ALLAH selalu membimbing kita saat kita sedang belajar sehingga kita mendapatkan ilmu yang barokah dan di beri kecerdasan.

8. tawakal

setelah kita melakukan berbagai usaha dan doa maka langkah yang terakhir adalah bertawakal kepada ALLAH SWT. dengan bertawakal kepada ALLAH SWT berarti kita memasrahkan segala hasilnya kepada ALLAH SWT dan kita harus yakin kalau ALLAH SWT akan memberikan ilmu yang barokah dan kecerdasan bagi orang orang yang bersungguh sungguh dalam mencari ilmu. Amin.

nah,sejkarang kita sudah tahukan tentang cara menjadi murid yang cerdas. jadi,apakah anda sudah siap menjadi murid yang cerdas? jika anda sudah siap menjadi murid yang cerdas maka silahkan anda menerapkan cara cara yang sudah kita bahas tadi. semoga kita semua menjadi murid cerdas yang memiliki ilmu yang luas dan barokah. Amin

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama