cara mengatasi mudah mengantuk


Gejala mengantuk merupakan salah satu gejala yang wajar terjadi pada manusia. Namun, apa jadinya kalau gejala mengantuk terjadi saat kita sedang melakukan aktivitas saat bekerja maupun saat sedang belajar? Pasti akan sangat mengganggu sekali kan? Nah,maka dari itu kita harus segera menemukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ada beberapa tips yang bisa di coba untuk mengatasi mudah mengantuk. Namun,sebelum kita mengetahui solusinya maka akan lebih baik jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.
1. Kurang minum air putih
Air merupakan komponen terbesar penyususun sel sel tubuh manusia. Air sangat di perlukan dalam proses metabolisme dan perkembangan sel. Apabila kita kekurangan minum air maka metabolisme sel menjadi tidak lancar dan kita akan merasa mudah lelah. Selain itu kekurangan minum air juga dapat menyebabkan berkurangnya suplai oksigen ke otak sehingga otak kita akan kekurangan oksigen. Padahal otak sangat membutuhkan oksigen untuk dapt berpikir. Hal inilah yang menyebabkan otak tidak dapat bekerja secara maksimal dan kita pun menjadi mudah mengantuk.

Solusi : Membiasakan diri untuk minum air minimal 8 gelas sehari. misalnya kita minum 1 gelas air sebelum sarapan, 1 gelas air setelah sarapan, 2 gelas air saat istirahat di sekolah, gelas setelah makan sore dan sisanya saat belajar di malam hari. Dengan membiasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari maka kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi.

2. Kurang makan sayuran
Kurangnya makan sayuran menyebabkan kita kekurangan vitamin dan energi. Padahal tubuh sangat memerlukan vitamin dan energi untuk dapat beraktivitas. Kekurangan vitamin dan energi inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah mengantuk.

Solusi : Membiasakan mengonsumsi syuran hijau seperti sawi, kangkung,bayam dan lain lain.

3. Kurangnya motivasi diri
Kurangnya motivsi yang dimiliki oleh seseorang membuat seseorang kurang bergairah dalam menjalani aktivitas sehari hari.. Sehingga seseorang akan mnjalani aktifitas sehari hari dengan malas dan lesu. Rasa malas dan lesu itu lah yang membuat tubuh mlas bergerak dan akhirnya tubuh akan mudah merasa mengantuk.

Solusi : Milikilah tujuan hidup dan target yang jelas. Serta berkumpulah dengan orang oranmg yang memiliki semangat hidup yang tinggi, sehingga kita akan ikut ikutan menjadi semangat dan termotivasi untuk menjalani hidup dengan semangat dan kerja keras.

4. Sedang banyak masalah
Ketika seseorang sedang mengalami banyak masalah maka otak akan menjadi terlalu banyak berpikir. Sehingga otak mengalkami kelelahan dalam berpikir. Kelelahan berpikir itulah yang membuat otak ingin berisatirahat dari aktivitas berpikir sehingga otak akan mengirimkan sinyal sinyal rasa mengantuk keseluruh tubuh.

Solusi : Ketika kita sedang banyak masalah maka alangkah lebih baiknya apabila kita meminta bantuan kepada seseorang yang dapat kita percaya. Karena dengan meminta bantuan ataupun dengan curhat kepada orang lain itulah yang akan mengurangi beban pikiran kita. Selain itu mereka juga dapat membantu kita untuk mengatasi permasalahan kita. Namun,apabila kita tidak bisa melakukan hal itu maka kita harus mendekatkan diri kepada ALLAH SWT agar kita segera mendapat pertolongan -NYA sehingga permasalahan kita segera selesai dan kita tak perlu terlalu memikirkan masalah kita lagi. sehingga pikiran kita tak akan mengalami kelelahan berpikir. Dan secara otomatis kita tidak akan mudah mengantuk.

5. kurang berolah raga
kurang berolahraga menyebabkan tubuh menjadi kurang berenergi sehingga kita akan mudah mengantuk.

solusi : membiasakan diri untuk rutin berolahraga minimal 10-15 menit setelah bangun tidur. olahraganya bisa berupa senam ataupun jogging

6. Terlalu sering begadang
kebiasaan begadang menyebabkan tubuh kurang istirahat. padahal kan tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan energinya setelah beraktifitas seharian yang menguras energi. sehingga tubuh ingin beristirahat dengan cara mengirimkan sinyal sinyal rasa mengantuk ke otak.

nah,sekarang para pembaca sudah tau kan penyebab dan solusi untuk mengatasi mudah mengantuk. oleh karena itu mari kita menghindari hal hal yang dapat menyebabkan kita mudah mengantuk agar kita bisa menerapkan perilaku hidup sehat. selamat mencoba.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama