mengapa sulit berbuat baik

 Assalamualaikum
Sebenarnya sore ini aku sedang nggak punya ide buat posting blog. eh,tiba tiba ada sms masuk dari temanku.
"kenapa berbuat baik itu berat di lakukan sedangkan berbuat buruk itu sangat mudah di lakukan?"
setelah membaca sms tersebut aku pun berpikir agak lama sambil mengingat ingat ilmu dari guruku ngaji. Alhamdulillah aku pun teringat ilmunya dan ku temukan jawabannya.
seseorang sulit berbuat baik tapi mudah berbuat buruk karena beberapa hal :
1. prasangka buruk (negatif thinking)
ketika seseorang selalu berpikir negatif/berprasangka buruk maka semua hal yang di lihatnya pun juga menjadi buruk. hati menjadi penuh dendam,marah,benci,curiga dan lain lain. sehingga ia merasakan penderitaan. namun,prasangka buruknya itu telah mengendalikannya sehingga ia pun suka berbuat buruk tanpa merasa bersalah. sehingga kebiasaan berbuat buruk itu telah menghalanginya untuk berbuat baik.
Suka·Komentari·Bagikan
Roni Kedua
oleh karena itu selalu berprasangka baik karena Allah Telah Berfirman :
.....

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih).

2. Lingkungan yang kurang baik

secara cepat atau lambat lingkungan memberikan pengaruh yang lumayan besar terhadap sifat seseorang. seseorang akan mengikuti kebiasan di lingkungan itu termasuk lingkungan yang kurang baik. jika di lingkungan tersebut berbohong dan bermalas malasan adalah hal biasa,maka seseorang akan mudah berbohong dan bermalas malasan.
lalu hal ini memunculkan sebuah pertanyaan : apakah orang yang hidup di lingkungan yang kurang baik akan membuat orang tersebut tidak bisa berbuat baik ?
tentu saja jawabannya tetap bisa berbuat baik, dengan syarat orang tersebut mempunyai pendirian yang kuat agar tidak mudah terpengaruh oleh hal hal negatif di lingkungan tersebut.
lalu hal ini memunculkan pertanyaan baru : apakah seseorang tidak boleh mengikuti kebiasaan di lingkungannya?
tentu saja boleh asalkan mengikuti kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk.

3. mengecap diri dengan label negatif

hal ini terjadi akibat pikiran yang terlalu mudah termakan oleh perkataan orang lain.
ketika orang lain berkata : dasar, kamu nakal. 
lalu mereka pun membenci dan menjauhi kita. lalu kita berpikir : mungkin memang benar aku nakal dan aku pantas tuk di benci.
pemikiran itu lah yang di namakan mengecap diri dengan label negatif. label tersebut telah memenjarakan diri kita, meracuni kita dan menjauhkan kita dari kebaikan. karena akhirnya kita berpikir : ah, aku kan anak nakal dan tetap nakal. mesikpun aku berbuat baik mereka akan tetap menganggapku sebagai anak nakal.
nah,pemikiran itulah yang membuat kita sulit untuk berbuat baik.
coba ubahlah cara berpikirmu. ketika mereka berkata : dasar kamu nakal.
lalu mereka membenci dan menjauhimu maka berpikirlah : mungkin mereka membenci dan menjauhiku karena aku nakal. jadi aku harus belajar jadi anak baik agar mereka mau berteman denganku.

4. setan menggoda manusia

Allah Berfirman :


ثم لآتينهم من بين أيديهم ومن خلفهم وعن أيمانهم وعن شمائلهم (سورة : الأعراف آية ر: 17)

"kemudian aku (iblis) akan mendatangi (menggoda) mereka dari depan dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka." (Al-A'raf : 17)
Berdasarkan ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa setan menggoda manusia dari arah depan, belakang,kiri dan kanan. sehingga kita hanya memiliki 2 arah untuk mencegah keburukan yaitu ke atas dengan cara mengangkat kedua tangan dan berdo'a kepada Allah untuk memohon perlindungan dari-NYA. dan ke arah bawah dengan cara bersujud kepadanya.
setelah kita mengetahui penyebab sulit berbuat baik dan mudah berbuat buruk maka kita harus menemukan solusinya untuk mencegah hal tersebut. jika sobat ingin tahu solusinya silahkan klik link ini solusi agar mudah berbuat baik

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama