sedikit tapi rutin

Sedikit dikit tapi rutin". Itu adalah sebuah pepatah bijak yang sangat bagus sekali. Karena sesuatu yang dikerjakan sedikit demi sedikit tapi secara rutin (istiqomah) maka akan terasa ringan. Berbeda jika kita langsung melakukan sesuatu yang besar namun hanya sekali seumur hidup.
Ibaratnya orang yang makan sepiring nasi maka akan lebih mudah jika kita menelan nasi sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok daripada langsung menelan satu piring nasi. Kita pasti tak akan mampu untuk mengunyahnya.
Ternyata prinsip "sedikit dikit tapi rutin" ini dapat di terapkan dalam berbagai hal.
Jika engkau sebagai seorang pelajar maka belajarlah sedikit demi sedikit namun rutin setiap hari. Hal itu membuatmu lebih mudah menguasai materi pelajaran dari pada engkau belajar dengan sks (sistem kebut semalaman). Karena kau akan merasa keberatan jika kau mepelajari puluhan bab dalam semalaman. Selain itu begadang saat sks juga bisa membuatmu sakit. Sehingga semua materi yang kau pelajari semalaman akan hilang sia sia.
  jika engkau seorang penulis,maka menulislah sedikit demi sedikit namun rutin setiap hari. Hal itu akan membuatmu tak menyangka bila kau telah berhasil menyusun sebuah buku. Selain itu hal itu akan terasa menyenangkan karena kamu mampu menuliskan ide idemu secara berurutan. Berbeda halnya jika kau menyusun buku dalam semalaman maka kamu tak akan mampu menyelesaikannya. Karena ide idemu akan saling bertabrakan. Dan tulisan yang kamu tulis akan menjadi acak acakan. Sehingga sia sia saja pengorbanan begadang semalaman untuk menyusun buku.
sebenarnya masih banyak sekali hal baik yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan sehari hari jika kita menerapkan prinsip sedikit dikit tapi rutin. Oleh karena itu kerjakanlah sesuatu sedikit dikit secara rutin agar kamu lebih mudah dalam mencapai tujuanmu.


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama