RAHASIA VISUALISASI

Assalamualaikum wr wb

selamat siang sobat blogger
siang ini aku mau berbagi pengalaman yang ada hubungannya dengan rahasia visualisasi. Oke langsung aja ya.

Kan pada hari Rabu,tanggal 22 oktober 2014 ada kegiatan tengah semester (KTS) . Dalam KTS tersebut ada beberapa lomba. Salah satunya adalah lomba pidato bahasa indonesia dengan tema sumpah pemuda. Pada hari itu kelasku belum ada yang mewakili lomba pidato bahasa indonesia. Akhirnya aku pun langsung maju mewakili kelasku. Peserta lomba pidato yang lain sibuk menghafalkan naskah pidato. Tapi entah kenapa saya malah nyantai sambil mendengarkan isi pidato peserta yang tampil. Tapi dari tadi kok naskahnya mirip ya. Aku pun mulai berpikir kalau naskahnya mirip dengan peserta yang lain ntar bisa bisa dikira copas dan mendapat penilain yang tidak jauh berbeda dengan peserta yang lain. Tiba tiba aku teringat sebuah pepatah "ketika kamu belum bisa jadi yang terbaik,maka jadilah yang unik (berbeda dengan yang lain)". Akhirnya secara mendadak aku pun merangkai  kata kata yang berbeda dengan peserta yang lain. Eh, ketika aku sedang asyik merangkai kata kata tiba tiba namaku dipanggil. Aku langsung maju meskipun sebenarnya aku belum siap untuk tampil. Aku langsung mengeluarkan semua kata kata yang ada dipikiranku dengan penuh semangat dan ekspresi meskipun ada beberapa kata yang kurang nyambung. Setelah itu aku langsung pergi. Trus hari ini senin,27 oktober 2014 ada pengumuman juara lomba pidato. Entah mengapa tiba tiba aku berkhayal kalau aku mendapat juara pidato. Eh ternyata khayalanku menjadi kenyataan. Aku di panggil untuk menjadi juara 3 lomba pidato. Wah, aku sama sekali nggak nyangka. Dan secara tiba tiba aku pun teringat ketika aku ikut lomba Stand Up Comedy di SLG Kediri. Sebelum tampil lomba, aku sudah berkhayal menjadi seorang juara, membayangkan namaku di panggil ke depan oleh dewan juri dan aku menerima piala. Namun, khayalan itu hampir saja hilang ketika ku lihat para penampilan peserta stand up comedy yang lain. Mereka tampil dengan sangat bagus. Sepertinya mereka sudah terlatih untuk stand up comedy. Sedangkan aku sendiri belum terlalu paham apa itu stand up comedy. Tapi dari berbagai penampilan yang ku lihat aku menemukan sebuah kesamaan dalam penampilan mereka semua yaitu mereka semua stand up comedy tentang GGS (Ganteng Ganteng Serigala) di SCTV. Lalu ketika tiba giliranku aku pun stand up comedy dengan tema mengatasi kegalauan (naskahnya bisa dilihat di postingan ....). Saya tampil dengan semangat meskipun sebenarnya saya deg deg.an karena aku termasuk tipe pemalu. Aku berusaha percaya diri dan mengeluarkan semua ide yang ada di otakku. Lalu aku pun menunggu pengumuman dari juri. Dan aku tidak menyangka aku menjadi juara harapan 1 dari 19 peserta yang terdiri dari siswa sma dan mahasiswa. Wah khayalanku untuk menjadi juara kini benar benar menjadi kenyataan.
Nah,dari dua pengalaman tersebut ada sebuah kesamaan yaitu berkhayal (membayangkan kemenangan)sebelum tampil telah membuatku benar benar menjadi pemenang. Karena membayangkan kemenangan akan membentuk mental percaya diri dalam berusaha meraih kemenangan. Dalam ilmu psikologi hal ini disebut dengan visualisasi . Visualisasi adalah aktivitas mental yang Anda gunakan untuk membangun sebuah gambar dalam pikiran Anda. Metode ini adalah bentuk metode paling dasar dari komunikasi batin antara sadar dan bawah sadar Anda. Bawah sadar akan berkomunikasi dalam bentuk gambar dan emosi, visualisasi adalah bahasa yang sempurna untuk melakukan kontak antara gambar dan visualisasi. Teknik ini adalah komponen dasar dalam mewujudkan keinginan dalam realitas kehidupan Anda. Anda menggunakan pikiran Anda secara sadar dan membayangkan apa yang Anda inginkan menjadi nyata dalam hidup Anda secara sadar. Kunci untuk mewujudkan keinginan Anda adalah menggunakan visualisasi. Visualisasi ini berfungsi untuk mengikat niat Anda agar tidak tergoyah oleh lingkungan dan keadaan sekitar Anda. Gunakan imajinasi Anda untuk membayangkan keinginan Anda agar diri Anda lebih nyaman. Lihat diri Anda dalam mewujudkan keinginan Anda. Bagaimana perasaan Anda? Libatkan semua indra Anda pada saat terapi.

Dan jika Anda tidak yakin bahwa visualisasi benar-benar sangat dibutuhkan, cobalah untuk menvisualisasikan sesuatu yang kecil. Ketika visualisasi tersebut terwujud, maka visualisasi tersebut akan membuktikan kepada Anda bahwa semua itu sangat dibutuhkan dan dapat mengubah program dalam pikiran bawah sadar Anda sehingga ketika Anda membayangkan sesuatu yang lebih besar, tidak akan menghentikan niat Anda untuk selalu berusaha. Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan
menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini.



Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it – Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya.”


Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.


Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:


1. Mendefinisikan impian
Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.


2. Menentukan target waktu
Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan,
sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat.
Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak Segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang,

Be the best, do the best, and then let God take care the rest – Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik.

Biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang kita miliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.


3. Melakukan berulang-ulang
Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif.


Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang
diulang-ulang ini akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan
kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita pada suatu waktu.*


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama