KECERDASAN IQ,EQ dan SQ

KECERDASAN IQ,EQ dan SQ

Dalam kehidupan sehari hari kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya KECERDASAN IQ,EQ dan SQ. Kita sering kali mendengarnya. Lalu pernahkah terlintas dipikiran kita. Apakah itu kecerdasan IQ,EQ, dan SQ?

* KECERDASAN IQ (INTELLEGENCE QOUTIENT) : Kapasitas umum seseorang untuk engerjakan atau  melakukan sesuatu. Berhubungan dengan penalaran / berfikir. berfikir dan bertindak secara logis, terarah, serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif
* EQ (EMOTIONAL QOUTIENT)i : Kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik, dan berhubungan dengan orang lain 
 SQ (SPIRITUAL QOUTIENT)
Spiritual Quotient yaitu sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan agama. percaya bahwa Tuhan itu ada, Maha Melihat, Maha Mendengar dan MahaMengetahui apa-apa yang diucapkan, diperbuat bahkan isi hati atau niat manusia.
            Di jaman modern seperti saat ini sering kali kecerdasan IQ dijadikan tolak ukur kualitas hidup seseorang. Sering kali kita berpikir bahwa orang yang ber –IQ tinggi pasti sukses. Padahal hal itu kurang tepat. Karena jika seseorang hanya pandai IQ saja maka orang tersebut kurang bisa untuk mengelola emosional (EQ) sehingga kurang bias berinteraksi dengan orang lain.
            Coba bayangkan misalnya ada seseorang yang sangat pandai. Namun, orang itu punya kepribadian yang kurang baik. Maka secara otomatis orang itu akan mendapat banyak pertentangan dari masyarakat sekitar.
            Para ilmuan mengatakan bahwa kecerdasan EQ jauh lebih penting daripada kecerdasan IQ. Karena dengan kecerdasan EQ maka seseorang akan lebih mudah untuk hidup dimasyarakat, Kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik, dan berhubungan dengan orang lain.
            Tak cukup hanya dengan kecerdasan IQ dan EQ saja. Namun, kita juga perlu kecerdasan SQ agar hidup kita selalu penuh ketaatan,ketaqwaan kepada ALLAH SWT. Karena ALLAH akan memberikan kemudahan kepada orang orang yang bertaqwa.
Allah berfirman :
"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, Allah akan lepaskan dia dari masalah hidup." (At Thalaq: 2)
Maksudnya: "Dan akan diberi rezeki sekira-kira tidak diketahui dari mana sumbernya." (At Thalaq: 3)
"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, dipermudahkan Allah segala urusannya." (At Thalaq: 4)




Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama