Perasaanku setelah menulis selama 30hari

 Sekitar satu bulan yang lalu aku bertekad untuk menulis setiap hari selama 1 bulan atau kurang lebih 30/31 hari tanpa henti. Namun, di awal-awal aku beberapa kali merangkap tulisanku karena memang kebiasaanku untuk menulis setiap hari belum terbentuk. Dan perlahan-lahan aku pun mulai terbiasa untuk menulis setiap hari. Namun, hal yang sama terulang kembali di hari-hari terakhir menjelang satu bulan menulis di mana selama beberapa hari aku tidak dapat menulis di blog karena memang ada urusan di dunia nyata yang harus di kerjakan. Selain itu juga ada faktor teknis lain yang membuat beberapa tulisan tidak bisa terposting di blog. Oleh karena itulah aku tetap berusaha menyelesaikan 31 tulisan ini walaupun beberapa tulisan terakhir sangat pendek dan terlambat satu minggu karena aku tetap ingin menyelesaikan sesuatu yang telah aku mulai dari awal. 

Selama menulis ini pikiranku menjadi terasa lebih lega karena sebagian dari isi pikiranku telah aku ungkapkan dalam bentuk tulisan. Selain itu aku menjadi suka merencanakan sesuatu yang hendak aku lakukan termasuk merencanakan kira-kira seperti apa tulisan yang akan aku tulis keesokan harinya. 

Beberapa tahun yang alu aku perah mengikuti sebuah kelompok atau grub di whatsapp yang memberikan challenge menulis selama satu bulan dengan tema yang telah di tentukan. Ketika menulis secara bersama-sama itu rasanya lebih ringan walaupun menulisnya tetap dengan usaha kita sendiri. Terasa ada energi yang membuat untuk terus bersemangat menyetorkan tulisan yang paling awal walaupun tidak di bayar. Dan sekarang ketika menulis sendiri terasa harus lebih tegas kepada diri sendiri agar tetap konsisten menulis. Memang benar kalau sering kali diri kita lebih mudah menaati peraturan yang di buat oleh orang lain daripada diri sendiri.

Mungkin setelah ini aku belum melanjutkan lagi menulis selama 30 hari penuh karena aku ingin menyelesaikan skripsiku terlebih dahulu. 


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama