Pemberdayaan Desa


Assalamualaikum
       Selamat pagi semuanya. Kali ini aku akan menulis tentang materi pemberdayaan desa oleh Baban Sarbana. Baban sarbana adalah seorang Founder yatim online dan pemberdayaan desa. Dalam acara pemberdayaan desa ini Baban Sarbana pun mengajarkan tentang metode kepologi,tes kepribadian,menggambar pola,  dan menggambar visi misi despro. 
      Baiklah kita bahas satu persatu. Kita mulai dengan metode kepologi. Apa itu metode KEPO-logi? Kedengarannya keren. Jadi metode KEPO-logi adalah suatu metode yang di gunakan untuk mengkeppoin permasalahan dan potensi yang ada di masyarakat agar kita bisa membangun masyarakat yang bedaya saing dan berdaya sanding.
    


     Sebenarnya metode KEPO-logi merupakan sebuah singkatan dari 4 prinsip yaitu : 
1. K - Kondisi : Suatu pertanyaan yang bersifat kepo untuk mengetahui kondisi riil di masyarakat sehingga kita bisa mengetahui permasalahan apa saja yang terdapat di masyarakat tersebut. Dan kita lebih mudah dalam menentukan solusi yang cocok untuk menyelasaikan masalah tersebut.
2. E- Elaborasi : Cara mengonfirmasi hasil kepo keadaan rill dengan data-data penunjang yang di miliki. Data-data penunjang tersebut bisa di peroleh dari tokoh masyarakat misalnya pak RT.
3. P- Peta : Hasil kolaborasi antara Kondisi dan elaborasi yang telah di lakukan sehingga dapat di ketahui kira-kira potensi apa yang terdapat pada desa tersebut sehingga potensi tersebut dapat dimaksimlakna untuk mengatasi permasalahan di desa tersebut.
4. O - Organisasi : setelah disusun peta penyelesaian masalah di desa tersebut maka langkah selanjutnya adalah menentukan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut untuk mengeksekusi peta solusi yang telah di buat untuk menyelesaikan masalah di desa tersebut. 
Mungkin untuk memahami lebih lanjut tentang metode KEPO-logi bisa di baca di website Baban Sarbana Metode KEPO-logi.
    Baiklah selanjutnya kita akan berbicara tentang tes kepribadian. Apa fungsi tes kepribadian? Untuk mengetahui kecenderungan ke arah mana kepribadian seseorang sehingga kita lebih mudah untuk menyikapi orang tersebut. Pada saat ini banyak sekali tes kepribadian berdasarkan indikator tertentu. Dan pada kali ini tes kepribadiannya berdasarkan 4 komponen utama yaitu S (Sekuensial/berurutan), R (Random/Acak), K ( Konkrit) dan A(Abstrak). Masing-masing komponen akan saling berpasangan 2 komponen dan menjadi 4 kepribadian yaitu :
SK,SA,RK,RA. Adapun penjelasan dari masing-masing kepribadian adalah sebagai berikut :
1. SK (Sekuensial Konkret)
Kepribadian jenis ini sangat menyukai hal-hal yang detail,teratur,terjadwal,berurutan,sangat produktif dan perfeksionis. Ia selalu mengerjakan sesuatu dengan sangat baik. Namun,sifat perfeksionisnya seringkali membuatnya sangat lambat dalam menyelesaikan sesuatu karena sangat memperhatikan detail dari suatu hal. Selain itu ia juga tidak menyukai sesuatu yang bersifat spontan atau berubah secara mendadak.

2. SA(Sekuensial Abstrak)
Kepribadian ini adalah seseorang yang memulai sesuatu dari akhir. Sehingga tidak berurutan seperti kepribadian SK. Ia memiliki kemampuan konseptor yang baik, kaya kosa kata,Visioner dan membutuhkan kesendirian untuk menyusun konsep yang luar biasa. Namun,terkadang khayalannya dalam menyusun konsep itu tidak realistis dan sikapnya yang suka menganalisis serta berbicara terlalu panjang lebar menjadikannya suka berdebat dengan kecerdasan argumennya. Sehingga teman-temannya agak menjaga jarak dengannya.

3. RA (Random Abstrak)
Kepribadian ini adalah kepribadian yang menyukai perubahan, hal-hal yang spontan, sangat peka terhadap orang lain sehingga mampu merasakan apa yang di rasakan orang lain, suka bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun,karena ia lebih mengandalkan perasaannya maka ia pun menjadi mudah terluka dan sulit terbuka. Ia bersikap seolah semuanya baik-baik saja tak ada masalah padahal ia sedang mendapatkan masalah. Perasaannya juga sangat mempengaruhi akalnya sehingga terkadang sulit untuk mengambil keputusan.

4. RK(Random Konkrit)
Kepribadian ini memiliki kemampuan untuk memandang hal yang sama dengan cara yang berbeda. Sehingga ia cenderung kreatif. Ia juga humoris dan pandai beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan. Sehingga ia memiliki banyak teman. namun,kekurangannya adalah ia suka menunda-nunda pekerjaan. Ia hanya bisa mengerjakan sesuatu dengan maksimal saat ia sedang di kejar oleh deadline.

Nah,itu tadi adalah 4 jenis kepribadian. setiap orang memiliki keempat kepribadian itu. Namun,hanya satu atau dua kepribadian saja yang lebih dominan daripada kepribadian lainnya. Perbedaan kepribadian bukan untuk saling menjudge kepribadian lainnya. Bukan untuk menjadikan diri merasa lebih baik atau lebih rendah diri. Namun,untuk belajar saling menghargai, saling melengkapi dan  Intropeksi diri agar semakin lebih baik lagi. dan analisis kepribadian ini sangat penting untuk mengetahui kepribadian orang-orang yang ada di masyarakat sehingga kita mengetahui bagaimana cara menyikapi epribadian setiap orang di masyarakat.

    Baiklah berikutnya adalah menggambar pola. Pada sesi ini dibuat 2 orang yang saling berpasangana namun saling membelakangi satu sama lain. Misal si A dan si B/ Si A menyebutkan hal hal yang harus di gambar oleh si B dan si B pun mencoba memahami gambar apa yang di maksud oleh si A. Dan setelah si B selesai menggambar maka si B pun menunjukkan hasil gambarnya kepada si A untuk mengetahui apakah gambar si B sesuai dengan yang di maksud oleh si A. Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jelas perkataan kita di pahami orang lain dan seberapa jelas seseorang dalam memahami suatu informasi.
   Dan yang berikutnya adalah menggambar visi misi despro. Setiap orang menuliskan visi misi despro pada selembar kertas lalu kertas tersebut dikumpulkan dan di tukarkan dengan kelompok lain sehingga kita akan menerima visi misi despro dari orang lain. Dan kita pun akan diminta menggambarkan visi misi despro sesuai dengan tulisan visi misi di kertas tersebut. Tujuan tes ini masih sama dengan tes sebelumnya.
      Setelah itu ada coffebreak ,makan klepon dan lemper sama minum kopi hangat. Hmm,nikmatnya. Setelah coffebreak dan ishoma pun ada permainan kotak rahasia dimana setiap orang dalam suatu kelompok harus melangkah secara bergantian diantara 35 kotak dilantai. Dan diantara kotak tersebut ada kotak benar dan kotak salah. Apabila seseorang menginjak kotak benar maka ia bisa melanjutkan melangkah sampai kotak selanjutnya. Apabila benar terus maka ia bisa melangkah sampai kotak terakhir. dan apabila seseorang menginjak kotak yang salah maka ia harus kembali ke kotak pertama lagi untuk mengulangi semuanya dari awal lagi. Dalam permainan ini bertujuan untuk melatih kerjasama dalam tim,kekompakkan, daya ingat untuk belajar dari kesalahan serta berani menghadapi resiko.
    Dan di akhir sesi baru mempraktekkan metode KEPO-logi yang telah di bahas di awal tadi. Dibentuk 10 kelompok dan setiap kelompok mencari permasalahan yang ada di suatu daerah lalu mencoba menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode KEPO-logi. Setelah itu hasil diskusi setiap kelompok pun di presentasikan di depan kelompok yang lainnya. Dan karena waktu semakin sore maka acara pun selesai.

Lebih baru Lebih lama