FEATURE : Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Membangun Masyarakat



      Beastudi Etos merupakan salah satu beasiswa yang di kelola oleh Dompet Dhuafa. Di dalam beasiswa Beastudi Etos tidak hanya memberikan uang saku dan uang kuliah saja . Namun,juga memberikan fasilitas lainnya berupa asrama dan juga pembinaan karakter sesuai dengan profil Beastudi Etos yaitu Pemimpin, Mandiri,Unggul, Disiplin, Akhlak Islami, dan Kontributif atau yang biasa di kenal dengan singkatan PEMUDA Kontributif. Sehingga diharapkan seorang etoser memiliki keunggulan baik di bidang prestasi,kepribadian, dan juga akhlak yang baik. Dan setiap bulan selalu terdapat pembinaan angkatan dengan tema pembinaan yang berbeda-beda, salah satau tema pembinaannya adalah Optimalisasi Blog sebagai media untuk berbagi informasi.
        Blog merupakan sebuah website yang gratis dan berfungsi untuk menuliskan berbagai hal mulai dari hobi, berbagi informasi,tugas kuliah, bisnis dan lain-lain. Sehingga dengan adanya blog maka seseorang akan lebih mudah dalam menyalurkan berbagai informasi agar dapat diakses oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Dan terdapat berbagai macam platform blog , salah satunya adalah blogger.com .
      Blog termasuk salah satu bukti adanya kemajuan teknologi informasi di era digital. Era digital merupakan suatu kondisi  ketika berbagai segi kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari teknologi digital. Teknologi digital yang di maksud seperti teknologi informasi dan komunikasi yang di akses di internet melalui berbagai media seperti  laptop,komputer, HP dan sebagainya. Kemunculan era digital di mulai dengan adanya revolusi digital pada tahun 1980. Adanya revolusi digital tersebut telah mengubah berbagai pola kehidupan manusia. Manusia yang awalnya memenuhi berbagai keperluan hidup dengan cara manual misalnya mencangkul, bercocok tanam sendiri, berkirim surat, menggunakan mesin ketik dan sebagainya maka setelah adanya revolusi digital manusia pun melakukan berbagai hal dengan lebih mudah dan praktis. Di era digital hanya dengan menggunakan HP atau komputer saja manusia dapat berkomunikasi dengan keluarganya yang berada di tempat yang jauh, menjalankan bisnis/toko online jarak jauh, dan menyebarkan informasi keseluruh penjuru dunia dengan mudah,cepat dan hemat biaya. Namun, di balik setiap dampak positif dari suatu hal yang diciptakan oleh manusia pasti juga ada dampak negatifnya. Adapun dampak negatif dari era digital adalah mulai berkurangnya penggunaan telepon, jasa pengiriman surat , dan berkurangnya interaksi sosia antar manusia secara langsung karena di era digital manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya dari jarak jauh melalui HP atau komputer. Selain itu dampak negatif dari era digital adalah adanya penyebaran berita hoax yang dapat menyebabkan penyesatan informasi dan mengadu domba antar lapisan masyarakat. Apabila hal ini di biarkan tentunya hal ini akan menimbulkan berbagai permasalahan di era dgital. Dan penyalahgunaan teknologi merupakan suatu perbuatan yang membawa kerusakan di muka bumi  sehingga harus ditinggalkan. 
Sebagaimana Allah telah berfirman :

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).(QS. Ar Rum ayat 41)

Oleh karena itulah perlu adanya sebuah pendidikan teknologi kepada masyarakat untuk menekan penyalahgunaan teknologi informasi. Adapun pendidikan teknologi tersebut dapat berupa pemberian seminar Pemberantasan Hoax di Internet, Membuat seruan penggunaan internet positif melalui blog atau website yang kita miliki, mengikuti lomba inovasi digital dan lain sebagainya. Dengan adanya upaya-upaya tersebut maka di harapkan seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya.


 
Gambar Ilustrasi Kuliah Tamu FISIP UB dalam menghadapi berita HOAX
 

Namun, disisi lain meskipun telah banyak masyarakat yang mengenal dan memanfaatkan teknologi digital ternyata masih ada sebagian masyarakat yang masih belum terlalu memahami penggunaan teknlogi digital. Terutama masyarakat yang tinggal jauh dari perkotaan dan masih sangat minim teknologi. Sehingga kehidupan mereka pun masih sangat tradisional. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pola hidup tradisional. Namun, alangkah bertambah baik lagi jika mereka mau memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah kehidupan mereka. Misalnya seorang petani yang awalnya hanya menjual hasil pertaniannya kepada tetangga sekitar rumah maka dapat memanfaatkan internet untuk mempromosikan dan memasarkan hasil pertaniannya. Begitu pula para peternak juga dapat memasarkan hasil ternaknya di toko online. Namun,yang menjadi pertanyaan mengapakah para petani dan peternak banyak yang belum memanfaatkan teknologi digital dengan maksimal?



                                     Gambar ilustrasi  Sistem Pertanian Terpadu

     Tentu saja jawabannya karena para petani dan peternak tersebut belum terlalu memahami bagaimana cara penggunaan teknologi digital. Sehingga perlu adanya kegiatan penyuluhan untuk mengenalkan teknologi kepada para petani dan peternak. Dan kegiatan penyuluhan tersebut dapat dilakukan oleh para mahasiswa, Pegawai penyuluh desa,pengusaha dan instasi lainnya.  Sedangkan contoh dari kegiatan penyuluhan itu dapat berupa pengenalan media digital seperti Hp dan komputer, cara mengakses internet untuk melihat perkembangan produk pertanian dan peternakan, cara penanaman yang efektif dan efisien, cara  budidaya ternak yang minim biaya namun hasilnya maksimal dan aman untuk di konsumsi hasil ternaknya (daging,telur,susu) cara pengolahan limbah peternakan yang ramah lingkungan, cara membuat sistem pertanian terpadu dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut di harapkan para petani dan peternak dapat terus berinovasi menggunakan teknologi digital yang telah memberikan kemudahan akses informasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dan peternak. Hal tersebut adalah contoh kecil dari adanya inovasi teknologi di era digital dan teknologi informasi. Sedangkan contoh inovasi lainnya misalnya pengenalan teknologi internet di bidang pendidikan untuk menciptakan generasi unggul, berdaya dan mampu bersaing dalam kemajuan teknologi. Kemudian inovasi di bidang kesehatan misalnya membuat forum konsultasi kesehatan di internet. Kemudian inovasi dibidang ekonomi seperti pembuatan aplikasi kasir, aplikasi perkembangan nilai mata uang,membranding suatu produkdari suatu perusahaan dan lain-lain. Sedangkan dalam kegiatan Desa Produktif biasanya kami menggunakan laptop dan LCD untuk menyampaikan suatu materi misalnya materi tentang rumah kreatif yang berisi tentang produk daur ulang dari berbagai sampah plastik dan kertas sehingga sampah tersebut dapat bernilai rupiah. Sementara itu teknologi digital juga dapat digunakan untuk membranding Beastudi Etos dan Dompet Dhuafa baik melalui akun OA line, Instagram, Facebook dan lain-lain. Sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat yang dapat mengenal dan merasakan kebermanfaatan dari adanya Beastudi Etos dan Dompet Dhuafa. Sehingga kita dapat mengetahui bahwa ternyata banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh apabila kita dapat memanfaatkan teknologi digital secara positif, salah satu manfaatnya adalah dapat membangun masyarakat menjadi lebih modern dan sejahtera.

Gambar Ilustrasi Penggunaan Sosial Media Untuk Mengenalkan Suatu Lembaga

Manusia sebagai makhluk yang dinamis harus selalu aktif  bergerak dan berinovasi untuk memberbaiki kualitas hidup manusia tersebut. Karena tanpa adanya usaha dan inovasi untuk mengikuti perkembangan jaman maka manusia tidak akan pernah mengalami perkembangan dalam hidup. Sebagaimana dalam firman Alah :
Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar Ra’du ayat 11)

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai khalifah di muka bumi maka sudah menjadi kewajiban manusia untuk terus berusaha dan berinovasi dalam hal kebaikan untuk sesama manusia dan lingkungan sekitar agar tercipta suatu bangsa yang sejahtera,unggul dan berdaya.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama