Pengalaman Lomba Karya Tulis Kehutanan





Assalamualaikum

Alhamdulillah di malam hari yang dingin ini saya  di berikan kesempatan untuk menuliskan kisah perjalanan hidupku di blog ini. Kali ini saya mau menuliskan pengalaman saya mengikuti lomba karya tulis ilmiah kehutanan yang di selenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

                Lomba ini berawal dari kegiatan bedah karya tulis ilmiah yang merupakan proker rutinan UKM KIM Fapet UB dalam usaha memberikan wawasan karya tulis kepada para anggota KIM. Dan bila selama ini hanya peserta seminar bedah karya tulis yang di fasilitasi untuk melanjutkan lomba, maka M. Andika Yudha Harahap selaku ketua pelaksana proker ini mengajak para panitia bedah Karya tulis ilmiah untuk mengikuti lomba yang di adakan oleh dinas kehutanan provinsi jawa timur. Pada walanya di bagi anggota panitia bedah KTI menjadi 2 tim. Tim 1 terdiri dari saya, andika, garnis, Ervin dan alif. Sedangkan tim kedua terdiri dari habib,isra, fitria dan puji. Setelah tim terbentuk maka kami pun mulai menyusun konsep pemikiran dan studi literatur untuk mengetahui inovasi yang cocok untuk di terapkan di Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Setelah itu kami saling membagi tugas. Dan kami selalu menyempatkan waktu untuk berdiskusi dan menyatukan tugas tersebut di tengah-tengah kesibukan tugas kuliah dan kepanitiaan serta praktikum. Waktu pun terus  berlalu dengan begitu cepatnya sehingga tak terasa deadline pengumpulan karya tulis pun tiba. Kami pun begadang untuk menyelesaikan karya tulis itu. Lalu keesokan harinya kami kesana kemari untuk mengurus administrasi lomba dan meminta tanda tangan ke dosen pembimbing. Lalu kami segera mengirim soft filenya ke email panitia. Sementara itu hardfilenya baru dikirim keesokan harinya melalui J & T. waktu pengiriman dokumen sekitar 2 hari, berarti sampai di lokasi lebih dari tanggal 2 dong? Padahal tanggal 2 harus sudah ada didinas kehutanan. Di saat itu pun saya sudah mulai pasrah terhadap hasilnya.

                Waktu pun terus berlalu dan saya lupa tanggal pengumuman finalisnya. Tiba-tiba saya ingin membuka email untuk mendownload jurnal praktikum yang pernah saya simpan di email. Eh disitu ternyata ada email masuk. Saya buka email itu dan ternyata ada pengumuman finalis yang lolos ke lomba presentasi di ruang rapat dinas kehutanan . Alhamdulillah ternyata tim ku dan timnya habib lolos ke final lomba presentasi. Ada waktu 7 hari untuk menyusun persiapan untuk presentasi. Kami pun berbagi tugas lagi. Saya membuat maket, Ervin membuat leaflet, alif membuat video 3D, andika sama garnis membuat ppt yang akan di presentasikan saat final lomba. Waktu pun terus berlalu dan kami masih sibuk dengan agenda lainnya sehingga belum sempat berlatih presentasi Bersama-sama. H-1 hari baru bias menyelesaikan semuanya. Lalu kami mencari persewaan mobil sebagai alat transportasi ke sidoarjo. Eh ternyata mobilnya di booking orang lain beberapa detik yang lalu. Akhirnya kami mencari jasa sewa mobil yang lainnya. Dan alhamdulillah kami mendapatkannya. Lalu andika pun segera membawa mobil sewanya ke kampus. Kemudian sehabis subuh pun andika menyopir mobil itu dan kami bersembilan pun berangkat ke sidoarjo. Kami pun termasuk nekat karena tidak mengetahui daerah sidoarjo. Kami menggunakan google maps untuk penunjuk jalan. Dan entah kenapa kami malah melewati pedesaan dan persawahan. Kami mengira kalua kami menyasar di jalan. Namun, alhamdulillah kami tetap sampai tujuan dengan selamat. Kami pun bertemu dengan Hanif dkk . mereka adalah finalis lomba juga dari FP UB. Lalu aku dan tim ku pun berlatih presentasi h-20 menit lomba di mulai. Setelah itu kami masuk ke dalam ruangan rapat dan mendapatkan sambutan dari panitia. Kami juga di beri suguhan kue dan kopi hangat. Acara pun di mulai . saat urutan presentasi di acak maka hati saya pun berdegub kencang. Berharap tidak maju pertama kali. Dan ternyata yang maju pertama kali adalah tim dari UNAIR lalu UGM, trus tim saya. Duh, pertama kali maju buat presentasi membuat kaki saya gemetaran dan sulit berkata-kata. Saya pun tiba-tiba lupa mau berkata apa. Akhirnya saya mengucap kata seingat saya. Selain itu karena latihan prresentasi baru di mulai h-20 menit lomba maka belum terbentuk chemistry diantara kami. Hal ini pun menjadi bahan evaluasi bahwa membentuk chemistry dan kekompakan itu penting sekali dalam presentasi lomba apapun itu. Kemudian kami pun mendapatkan pertanyaan yang kritis dari para dewan juri sehingga membuat kami harus berpikir keras untuk menjawab pertanyaan itu. Dan beberapa pertanyaan tidak terjawab karena belum melakukan survey lapang sehingga belum mengetahui secara pasti kondisi sebenarnya di lapang. Hal ini juga menjadi evaluasi bagi kami kalo survei lapang itu sangat penting untuk mengetahui apakah ide kita cocok dengan kondisi di lapang atau tidak. Dan setelah itu saya memasrahkan segala hasil kepada Allah SWT. Lalu di lanjutkan presentasi dan tanya jawab dari tim UIN SA, Tim Habib dan Tim Hanif. Setelah itu tibalah saatnya pengumuman lomba dan kami pun deg-degan mendengar pengumumannya. Kamu berharap agar nama kami tidak disebut di awal karena yang disebut paling terakhir adalah juara 1 nya. Namun, pada akhirnya keputusan juri adalah mutlak. Kami pun menerima pengumuman itu dengan gembira karena smua finalis mendapat juara dari juara 1 sampai dengan juara harapan 3. Lalu ada sesi foto penyerahan piala dan hadiah, sesi foto Bersama dan sesi foto dengan delegasi dari kampus lain. Kami pun saling berkenalan satu sama lain untuk memunculkan keakraban dan menyambung tali persaudaraan. Sungguh perjalanan lombayang sangat berkesan. Saya berharap saya tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang ada saat ini. Namun, menjadikan hal ini sebagai motivasi agar terus memperbaiki diri dan berkarya dalam kebaikan dan ketaatan bagi agama,nusa dan bangsa. Aamin .


Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama