GAGAL UN BUKAN AKHIR SEGALANYA



apa yang kamu rasakan ketika kamu gagal UN (tidak lulus UN). pastinya akan merasa sedih,malu dan pengen nangis. karena semua perjuangan selama hampir 3 tahun ini tergantung pada nilai UN. meskipun sekarang UN udah nggak jadi patokan kelulusan lagi tapi kan UN tetep dijadikan patokan buat ke PTN. mungkin ada yang batal di terima di PTN karena nilai UN yang tidak lulus. gimana coba perasaanmu? pasti sedih kan?
mungkin semua orang akan mencaci,menjauhimu dan menatap mu dengan sinis. dunia terasa makin sesak. duh,rasanya pengen minum baygon rasa vanila, pengen lompat dari gedung lantai 1, pengen manjat pohon ceplukan. oh, jangan sedih kawanku. aku juga merasakan apa yang kamu rasakan kok. ada 3 mapel yang nilainya dibawah standar kelulusan. meskipun aku lulus tapi aku terancam tidak bisa ke PTN. aku sedih dan malu banget sama semua orang. tapi aku mencoba berpikir kalo gagal UN bukan akhir segalanya. masih banyak hal yang bisa kita lakukan antara lain :
1. mencari tahu teman sejati.

saat kita gagal UN mungkin semua teman teman kita akan langsung menjauhi atau bahkan menghina kita. tapi seorang teman sejati tak akan menjauhi kita. dan tak akan tambah menjatuhkan mental kita dengan hinaanya. tapi teman sejati akan akan menyemangati kita agar kita mampu bangkit dari keterpurukan kita dan kembali berjuang meraih mimpi kita.

2. intropeksi diri.

kegagalan UN tuh emang sakit banget tapi dari kegagalan itu kita jadi mau merenungi apa kesalahan kita sehingga kita gagal UN. apakah mungkin selama ini kita belajar dengan hafalan tanpa mencoba memahami? apakah karena kurang latihan soal? apakah karena kecapekan sehingga nggak bisa konsentrasi? apakah kurang berdo'a? dll
nah,dengan adanya intropeksi dirilah maka kita bisa menemukan kesalahan kita lalu memperbaikinya di waktu yang akan datang biar hasilnya lebih baik daripada tahun ini.3. belajar empati kepada orang lain

mungkin ketika kita selalu berhasil dalam meraih segala keinginan kita, kita akan merasa cepat senang dan kurang peduli dengan kesedihan yang dialami oleh orang orang yang gagal. atau jangan jangan kita malah berkata : kamu ini gimana sih. masa gitu aja gak bisa?
Mungkin bagi kita ucapan itu biasa aja. namun, ucapan itu sangat menyakiti hati orang yang gagal. nah,dengan adanya kegagalan itulah kita jadi belajar empati dan peduli terhadap perasaan orang lain yang juga merasakan kegagalan sama seperti yang kita alami. sehingga hati kita akan semakin peka dan pandai menjaga perasaan orang lain.

4. menyadari semua ada hikmahnya

Terkadang kita sudah berusaha mati matian dan berdo'a siang dan malam. namun, apa daya hasilnya malah gagal. ya mungkin kita akan kaget dan kurang terima dengan kenyataan ini. kita merasa hidup ini nggak adil.
namun,sebagai seorang muslim kita perlu menyadari bahwa ALLAH lah yang berkuasa atas segalanya. terkadang sesuatu yang menurut kita baik ternyata belum tentu baik untuk kehidupan kita dan begitu pula sebaliknya. terkadang kita merasa sia sia saja kita berusaha mati matian kalo ujung ujungnya gagal. sabarlah kawan, Allah tak pernah menciptakan sesuatu yang sia sia. semua pasti ada maksud,tujuan dan ada hikmahnya. nah, tugas kita yang berusaha mencari hikmah tersebut. yakinlah kalau Allah menyiapkan rencana yang indah buat hidup kita.

nah,itu tadi adalah hal hal yang bisa kita lakukan ketika kita gagal UN. semoga dengan melakukan 4 hal diatas kita bisa mengubah keadaan ini. amin

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama