Dampak positif dan negatif teknologi :


Di era globalisasi ini perkembangan teknologi sangat pesat. Hampir setiap aktifitas kita menggunakan teknologi. Namun, teknologi selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif : dampak positif teknologi : 1. Memudahkan kehidupan kita. Teknologi diciptakan untuk memudahkan hidup kita. Kalau jaman dahulu kita harus memakai surat untuk memberi kabar kepada saudara kita yang ada di kota lain. Sehingga surat tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk sampai di tempat saudara kita. Namun, sekarang kita dapat memberi kabar kepada saudara kita hanya dengan mengirim sms maupun menelponnya secara langsung. Sehingga kita menjadi mudah untuk memberi kabar kepada saudara kita kapanpun kita mau. 2.lebih hemat
Adanya teknologi dibidang industri memudahkan perusahaan industri untuk memproduksi produk dalam jumlah banyak, berkualitas bagus dan dalam waktu singkat. Satu mesin industri mampu mengerjakan beberapa proses produksi sekaligus. Satu mesin industri mampu menggantikan kemampuan puluhan tenaga karyawan. Sehingga mampu menghemat biaya produksi.
3. Memudahkan transportasi antar daerah
Selain mengalami kemajuan dibidang komunikasi,saat ini bidang industri juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Apabila dulu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sampai di tempat tujuan. Maka sekarang kita berpergian antar kota,antar pulau bahkan antar negara dengan sangat cepat karena adanya kemajuan transportasi darat,laut maupun udara.
Dampak negatif teknologi :
Selain memiliki dampak positif tenyata teknologi juga memiliki dampak negatif antara lain :
1. Menyebabkan rasa malas
Karena kita terlalu dimanjakan oleh teknologi maka kita pun akan malas melakukan sesuatu tanpa teknologi. Misalnya : karena kita terbiasa berpergian naik motor maka kita jadi malas berpergian naik sepeda maupun jalan kaki.
2. Pola hidup kurang sehat
Adanya perkembangan teknologi dibidang transportasi menyebabkan kita duduk nyaman sambil mengendarai kendaraan kita misalnya mengendarai motor tanpa menggerakan kaki kita seperti saat mengendarai sepeda. Sehingga tubuh kita kurang berolah raga. Hal inilah yang memicu munculnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes dan penyakit lainnya.
3. Semakin banyak pengangguran
Karena satu mesin industri mampu menggantikan puluhan tenaga karyawan maka banyak orang yang menganggur karena perusahaan industri hanya membutuhkan sedikit karyawan untuk mengoperasikan mesin industri.
4. Munculnya kriminalitas
Adanya trend dibidang komunikasi khususnya hp membuat banyak orang membeli hp yang berkualitas bagus. Namun, tak semua orang mampu membeli hp bagus. Sehingga beberapa orang melakukan kriminalitas seperti pencurian dan perampokan untuk mendapatkan hp bagus.
Jadi,sebagai manusia yang baik alangkah baiknya jika kita mampu memanfaatkan dengan bijaksana agar teknologi bermanfaat untuk kehidupan kita.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama