Dampak positif dan negative internet




Internet merupakan jaringan computer yang saling terhubung di seluruh dunia. Pada saat ini internet menjadi kebutuhan yang sangat penting karena hamper setiap aktivitas manusia selalu berhubungan denggan internet. Kini internet memilik peranan yang sangat penting baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi,social budaya maupun bidang lainnya. Namun,internet juga termasuk buatan manusia yang tentunya memiliki dampak positif maupun negative. Berikut ini dampak positif dan negative internet :

Dampak positif

1. Sumber ilmu

Di internet kita bisa menemukan sumber ilmu yang sangat luas dan beragam. Selain itu kita bisa mengakses sumber ilmu tersebut kapanpun dan dimanapun kita berada selama ada koneksi ke internet. Kita bisa memperoleh pengetahuan dan ketrampilan baru dari internet. Sehingga dengan mengkases internet maka wawasan kita akan semakin luas.

2. Sumber informasi

Selain sebagai sumber ilmu,ternyata internet juga berfungsi sebagai sumber informasi. Banyak sekali sumber informasi terpercaya dan terupdate di internet seperti kompas.com, detik.com, kompasiana dan lain lain. Dengan mengakses internet kita bisa dengan mudah mengetahui peristiwa yang terjadi di daerah lain. Sehingga kita akan informasi yang kita dapatkan setiap hari.

3. Alat komunikasi

Internet juga berfungsi sebagai alat komunikasi. Banyak sekali alat komunikasi di internet seperti email,facebook,twite­r,google +, dan lain lain. Alat komunikasi di internet sangat lengkap,jangkauan luas,cepat,mudah dan harganya pun juga sangat terjangkau.

4. Penyimpan data

Kita bisa memback up data di computer kita dengan cara memanfaatkan penyimpanan online seperti google drive,drop box, email dan lain lain.

5. Media hiburan

Di internet banyak sekali terdapat media hiburan seperti youtube, pulsk.com , game house, stafa band,gudang humor dan lain lain. Dengan adanya situs hiburan tersebutlah maka pikiran kita akan kembali fresh.

6. Sarana bisnis

Internet memilik jangkauan keseuluruh dunia. Sehingga kita bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk mempromosikan produk kita kepada semua orang. Sehingga mereka akan tertarik membeli prduk kita. Dan secara otomatis bisnis yang kita jalankan akan semakin berkembang pesat.


Dampak negative internet


1. Tempat kriminalitas

Banyak sekali kriminalitas yang terjadi di internet, mulai dari perjudian ,transaksi narkoba , penipuan sampai dengan penculikan orang tentu saja hal itu akan merugikan banyak orang. Sehingga kita patut waspada saat kita mengakses internet.

2. Menyebarkan berita bohong

Internet juga menjadi tempat yang efektif untuk menyebarkan berita/informasi bohong yang dapat memicu munculnya permusuhan antar individu,kelompok maupun masyarakat. Sehingga kita tidak boleh mudah terprovokasi dengan bertita yang belum tentu terbukti kebenarannya.

3. Malas

Apabila seseorang telah kecanduan internet maka seseorang akan browsing berjam jam untuk mencari sesuatu yang kurang penting di internet. Sehingga menimbulkan rasa malas untuk melakukan aktivitas lainnya.

4. Mengganggu kesehatan

Terkadang seseorang yang kecanduan internet rela begadang sampai larut malam hanya untuk mengakses internet maupun mengakses social media seperti facebook dan twitwr. Apabila hal ini dilakukan setiap hari tentu saja hal ini akan mengganggu kesehatan seseorang.

Jadi, seperti yang kita tahu bahwa internet memiliki sisi positif dan negative. Sehingga kita perlu bijaksana dalam menggunakan internet untuk melakukan hal hal positif dan meninggalkan hal hal negative. Sehingga internet akan menjadi bermanfaat bagi semua penggunanya.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama