Cara mencegah ghibah


Ghibah merupakan suatu perbuatan membicarakan aib atau kekurangan orang lain di belakang orang yang kita bicarakan. Dan tanpa sadar sering kali diantara kita melakukan ghibah. Ghibah akan terasa sangan menyenangkan dan semakin seru. Dan tanpa kita sadari kalau ghibah termasuk perbuatan dosa yang mampu menyebabkan berbagai dampak negatif antara lain :
1. Mencemari nama baik orang lain
Ghibah merupakan kegiatan membicarakan keburukan orang lain sehingga dapat mencemari nama baik orang lain. Sehingga ghibah dapat menyebabkan korban ghibah semakin di jauhi oleh banyak orang.
2. Mencemari nama baik diri sendiri
Selain dapat mencemari nama baik korban ghibah namun juga dapat mencemari nama baik diri sendiri karena kita akan di cap sebagai tukang gosip.
3. Menyebabkan permusuhan
Membicarakan keburukan orang lain dapat menyebabkan adanya rasa tersinggung dan dendam sehingga dapat menyebabkan permusuhan antara pelaku ghibah dan korban ghibah.
Nah,sekarang kita sudah tahu kan berbagai dampak negatif yang diakibatkan oleh ghibah. Oleh karena itu kita harus menghindari ghibah dengan beberapa cara antara lain :
1. Menyadari kalau tak ada manusia yang sempurna
Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga tak ada manusia yang benar benar sempurna. Dengan menyadari kalau tak ada manusia yang sempurna maka kita akan berusaha memaafkan kekurangan atau aib orang lain.
2. Tidak mengungkit ungkit kesalahan orang lain
Setiap orang pasti pernah memiliki kesalahan di masa lalu. Alangkah lebih baiknya apabila kita tidak mengungkit ungkit kesalahan orang lain dimasa lalu sehingga kita dapat menghindari ghibah. 3. Menyadari kalau ghibah di larang oleh agama
Allah swt berfirman :
... Janganlah saling mencari cari keburukan satu sama lain. Adakah diantara kamu yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri/ tentunya kamu akan merasa jijik qs. Al hujurat ayat 12 nah sekarang kita tahu kan kalau ghibah itu sama dengan memakan bangkai daging saudaranya. Hal itu memiliki arti kalau ghibah merupakan perbuatan tercela yang dilarang oleh agama.
4. Memberi kritikan secara langsung
Terkadang kita tidak menyukai sikap seseorang yang dilakukan kepada kita. Namun,kita tidak langsung menegurnya tapi malah membicarakannya di belakang orang tersebut. Padahal hal tersebut tidak menyelesaikan masalah tapi malah memperumit masalah. Sehingga kita perlu menyampaikan kritikan kepada orang yang bersangkutan agar orang yang bersangkutan segera menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.
5. Mempererat tali silathurahmi
Dengan mempererat tali silathurahmi maka hubungan antar manusia akan semakin akrab dan harmonis. Sehingga memunculkan rasa sungkan untuk membicarakan kejelekan satu sama lain.
Nah,sekarang kita sudah tahu kan cara mencegah ghibah. Oleh karena itu mari kita mencegah ghibah agar tercipta kehidupan yang harmonis dan penuh kebahagiaan.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama