manfaat menulis buku harian




manfaat menulis buku harian

menulis buku harian merupakan salah satu kegiatan yang positif. biasanya menulis buku harian dilakukan oleh anak perempuan. karena banyak orang yang beranggapan bahwa menulis buku harian ituadalah sesuatu yang bersifat feminim. padahal sebenarnya menulis buku harian itu bisa dilakukan oleh laki laki maupun perempuan. mungkin menulis buku harian terlihat sepele dan hanya akan menghabiskan buku tulis kita untuk sesuatu yang kurang penting. tanpa kita sadari ternyata menulis buku harian itu banyak sekali manfaatnya untuk kita lho. nah,ini adalah beberapa manfaat dari menulis buku harian :

1. menjaga kesehatan jiwa
menulis buku harian merupakan suatu kegiatan mengungkapkan seluruh ide ide,perasaan dan pikiran kita dalam bentuk tulisan kita. kita pun juga dapat curhat dengan cara menuliskan semua permasalahan kita dalam sebuah buku harian. dengan cara ini berarti kita telah mengeluarkan seluruh ide,perasaan,pikiran dan uneg uneg kita kedalam sebuah tulisan. sehingga beban pikiran kita pun dapat berkurang. apabila kita menulis buku harian secara rutin tentunya akan sangat baik untuk kesehatan jiwa kita karena seluruh uneg uneg kita dapat dengan bebasnya kita ungkapkan dalam buku harian kita secara aman.

2. melatih kejujuran
saat kita sedang menulis buku harian berarti kita mengungkapkan seluruh keluh kesah,uneg uneg, dan semua hal yang ingin kita ungkapkan secara apa adanya tanpa ada yang di tutup tutupi. tentu saja hal ini melatih kita untuk bersikap jujur apa adanya.

3. meningkatkan kualitas diri
saat kita menulis buku harian kita pasti akan menuliskan berbagai hal yang terjadi dalam hidup kita. entah itu mulai dari kesenangan,kesedihan,kegagalan maupun keberhasilan yang telah kita capai dalam kehidupan ini. nah,dari tulisan kisah hidup kita di buku harianlah kita bisa membacanya kembali. sehingga kita bisa mengintropeksi diri kita apakah hari ini kita sudah lebih baik daripada hari kemarin? apakah kesalahan yang pernah kita lakukan di hari kemarin masih kita ulangi dalam hari ini? apakah pola pikir kita hari ini dan hari kemarin masih sama ataukah sudah berbeda?
nah dengan mengintropeksi dirilah kita bisa tahu sejauh mana perkembangan yang telah kita lalui. selain itu pengalaman pengalaman masa lalu yang kita  tulis di buku harian juga dapat kita jadikan sebagai bahan renungan. sehingga kita bisa belajar dari pengalaman di masa lalu. kita akan menjadi seseorang yang lebih berhati hati dan lebih bijaksana dalam bertindak. apabila hal ini kita lakukan secara rutin maka kita akan mengalami peningkatan kualitas diri yang sangat pesat.

4. sebagai catatan sejarah
kebiasaan menulis buku harian berarti menuliskan sejarah perjalanan kehidupan seseorang. sehingga seseorang dapat mendokumentasikan seluruh suka duka dan perjuangan dalam kehidupan. hal ini tentunya akan sangat berguna sekali saat kita telah lanjut usia dan kita dapat bernostalgia saat membaca isi dari buku harian kita. kita bisa mengenang tentang lika liku kehidupan kita sejak kita masih muda sampai kita tua. selain itu catatan dalam buku harian juga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita yang membacanya. karena anak cucu kita akan mengetahui betapa sulitnya perjuangan hidup dimasa lalu, saat teknologi belum secanggih di jaman anak cuu kita. selain itu anak cucu kita juga akan terinspirasi oleh tulisan kita saat mereka membaca suka duka kita dalam menjalani lika liku kehidupan. sehingga membuat anak cucu kita menjadi orang yang tak mudah mengeluh dan menyerah dalam menjalani kehidupan karena mereka menyadari bahwa kesulitan hidup yang mereka jalani saat ini tak sesulit kehidupan yang dijalani oleh kakek nenek mereka.

5. memperkuat daya ingat
saat kita sedang menulis buku harian berarti kita harus mengingat berbagai hal yang pernah terjadi sebelumnya. kebiasaan mengingat sesuatu yang akan kita tulis ini akan melatih dan memperkuat daya ingat kita. sehingga kita terhindar dari penyakit mudah lupa.

6. meningkatkan ketrampilan menulis
mungkin awalnya kita kesulitan untuk menulis buku harian karena kita tidak terbiasa menulis sehingga kita tidak tahu apa yang harus kita tulis. lalu kita mulai menulis curhatan di buku harian. kemudian berkembang menjadi menulis imajinasi kita dalam buku harian sehingga tulisan kita akan terasa lebih enak untuk di baca. apabila kita rutin menulis buku harian maka kita akan memiliki ketrampilan menulis yang sangat bagus. kita tak hanya mengungkapkan curhatan,ide ide,keinginan kita dalam bentuk paragraf  biasa. namun, kita juga bisa mengungkapkannya dalam bentuk puisi,cerpen,cerbung atau bahkan novel. dan tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti kita akan menjadi seorang penulis novel best seller. hal ini sudah terbukti bahwa para penulis novel best seller mengawali kegiatan menulisnya dari menulis buku harian.

jadi, apakah sekarang anda sudah tertarik untuk menulis buku harian? apakah anda sudah siap merasakan 6 manfaat luar biasa dari menulis buku harian ? jika anda sudah siap merasakan manfaatnya maka mari kita bersama sama rutin menulis buku harian dan bersiap siaplah untuk merasakan manfaatnya yang luar biasa.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama