DASYATNYA DO'A (KISAH NYATA)


DASYATNYA DO'A

 Sebagai umat manusia yang beriman kepada ALLAH tentunya kita menyadari kalau kita hanyalah makhluk yang memiliki banyak keterbatasan. sehingga kita sangat memerlukan pertolongan dari ALLAH Yang Maha Kuasa Atas segalanya. hal inilah yang menyebabkan kita harus berdo'a kepada ALLAH.
ALLAH berfirman :
" Dan apabila hamba hamba-KU bertanya kepadamu tentang AKU, maka jawablah bahwasanya aku dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia mendo'a kepada -KU. dan hendaklah ia memenuhi perintah-KU. dan hendaklah mereka beriman kepada-KU agar mereka selalu berada dalam kebenaran (QS. AL BAQOROH :186)"

                  Ayat tersebut sangat jelas menegaskan kepada kita semua agar kita hanya meminta pertolongan kepada ALLAH SWT karena ALLAH akan mengabulkan do'a kita. dan kalaupun do'a kita belum terkabulkan maka hendaklah kita bersabar dan cobalah untuk intropeksi diri. mungkin selama ini kita hanya berdo'a tapi jarang berusaha atau mungkin kita sudah berusaha dan berdo'a namun disisi lain kita masih suka berbuat dosa sehingga do'a kita sulit untuk terkabul. atau bisa jadi ALLAH belum mengabulkan do'a kita karena ALLAH mengabulkannya dalam bentuk lain yang lebih baik dari apa yang kita minta. apapun yang terjadi entah doa kita terkabul atau tidak terkabul,kita harus tetap berprasangka baik kepada ALLAH SWT.

                       Oh iya ketika nulis postingan tentang do'a tiba tiba saya pun teringat dengan beberapa pengalaman hidup saya.

1. doa : Ya Allah berikanlah aku pertolongan yang tak terduga.

                    Pada waktu itu kan aku mau ke rumah temanku di jalan argo wilis,semen sekitar 10 km dari sekolahku untuk ngerjain makalah dan tugas kelompok. tiba tiba di tengah jalan ban sepedaku bocor. aku pun menuntun sepedaku lalu menambalkannya disebuah bengkel di sidomulyo. beberapa menit kemudian pun ban sepedaku sudah selesai di tambal. lalu aku membayar rp 4000. kemudian aku melanjutkan perjalanan kerumah temanku. tapi di gang dekat RSI ban sepedaku pun meletus. akhirnya aku tidak jadi ke rumah temanku. aku pun menuntun pulang sepedaku. eh tiba tiba di tengah jalan ada kakak pramuka yang menolongku. kakak itu memboncengku dan membawa sepedaku. lalu aku minta di turunkan di depan rumah guruku biologi karena aku juga ada keperluan dengan guru biologi terkait rencana penelitian di sumber podang besok. aku pun turun di depan rumah guru Sedangkan kakaknya tadi pun pergi melanjutkan perjalanan. Lalu aku bertamu ke rumah guruku dan menceritakan sesuatu yang ku alami. Beberapa menit kemudian adzan maghrib berkumandang. Aku sholat maghrib di mushola dekat rumah guruku. Setelah itu aku pun kembali ke rumah guruku. Lalu ngobrol tentang rencana penelitian besok. Lalu jam setengah 7 guruku meminjamkan sepeda anaknya kepadaku agar aku bisa pulang karena guruku mau menjenguk saudaranya yang ada di rumah sakit. Guruku juga meminjamiku uang rp 50000 buat beli ban sepeda. Lalu aku pun pulang ke rumahku. Subhanallah hari ini aku mendapat 3 pertolongan tak terduga dari kakak pramuka dan dari guruku. Allah memang mengabulkan do'aku dan memberiku pertolongan yang tak terduga.

Ada lagi kisah yang lain

                         Pada suatu pagi aku berangkat sekolah dengan naik sepeda. Awalnya aku bersepeda dengan penuh semangat. Namun,tiba tiba di tengah perjalanan ke sekolah ban sepedaku pun meletus. Aku pun mulai kebingungan. "duh gimana nih ban sepedaku meletus padahal sekarang sudah hampir pukul 07.00 wib". Akhirnya tanpa pikir panjang aku pun menitipkan sepedaku ke salah satu toko di desa pagak. Setelah itu pun aku berlari menuju ke sekolah. Ketika aku berlari aku sudah hampir berputus asa. Dalam hati aku berkata : " aku sangat lelah dan mungkin aku akan terlambat datang ke sekolah. Aku sudah siap menerima sanksi dari guruku karena aku datang terlambat".
Namun, tiba tiba ada seorang pemuda yang kebetulan lewat jalan raya yang sedang ku lewati. Pemuda itu berkata : "ayo dek bareng aku. Ku bonceng kamu dimotorku"
tanpa pikir panjang aku pun langsung naik motor itu. Dan ketika aku sudah sampai di depan sekolahku aku pun berkata "saya berhenti di sini saja mas"
lalu pemuda tersebut menghentikan motornya dan aku pun segera turun  dari motor itu dan aku pun berkata "terima kasih mas"
dan pemuda tersebut berkata "sama sama"
setelah itu pemuda itu pun segera melaju pergi dengan motornya. Dan alhamdulillah aku tidak jadi terlambat ke sekolah. Dari peristiwa ini saya mendapatkan sebuah pelajaran hidup bahwa sering kali kita khawatir berlebihan dalam memikirkan masalah yang kita hadapi. Padahal permasalahan yang kita hadapi itu tak serumit yang kita pikirkan. Namun pikiran yang rumitlah yang membuat masalah menjadi semakin rumit. Jadi intinya berpikirlah dan bersikaplah tenang dalam menghadapi suatu masalah agar kita mampu berpikir jernih dan segera menemukan solusi dari permasalahan kita. Selain itu ada pelajaran lain yang saya dapatkan dari peristiwa ini. Yaitu selama kita mau berusaha maka pasti akan muncul  jalan keluar untuk kita.
2. Do'a : ya allah mudahkanlah segala urusanku

                       sering kali aku mengalami kesulitan dalam hidup ini karena keterbatasanku entah itu dari faktor internal  (faktor psikologis : pesimis,mudah khawatir,ragu ragu dll) dan faktor eksternal : keterbatasan fasilitas, sedikit uang, tidak ada kendaraan,waktu yang sedikit dan lain lain, sedikit teman.
Hal hal itu selalu mempersulit langkahku untuk menyelesaikan setiap permasalahan dan urusan dalam hidupku. Namun, aku selalu berusaha untuk menyelesaikan itu semua dan tak lupa berdo'a memohon kepada allah agar aku di beri kemudahan atas segala urusan, dan alhamdulillah allah selalu memudahkan urusanku,memberikan jalan keluar atas segala permasalahan dan urusanku. Dan terkadang pertolongan bisa datang dari segala arah entah itu dari keluarga,teman,sahabat,guru,tetangga dan lain lain. Sungguh allah itu sangat baik dan memudahkan segala urusan orang orang yang berdo'a kepada-nya.

3. Do'a : ya allah lepaskanlah kekakuan lidahku agar mereka mengerti maksud perkataanku

                     Dulu aku adalah seorang pendiam dan sampai sekarang pun aku tetap seorang pendiam. Sering kali aku kesulitan untuk mengungkapkan sesuatu yang ku rasakan dan ku pikirkan. Aku kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dan terkadang terjadi kesalahpahaman antara aku dan orang lain karena ketidakmampuanku dalam menyampaikan maksud dari tindakan dan perkataanku. Setiap sehabis sholat aku pun selalu berdo'a: ya allah lepaskanlah kekakuan lidahku agar mereka mengerti maksud perkataanku. Selain berdo'a aku juga latihan mengungkapkan perasaan dan pikiranku dalam tulisan. Aku juga latihan bicara sendiri di dalam kamar. Yah,mungkin cara yang kedua agak konyol tapi ini berhasil. Alhamdulillah,akhirnya sekarang aku bisa lancar dalam berkomunikasi,diskusi dan terkadang menjadi pembicara dalam presentasi di kelas. Jadi agar kita bisa merasakan perubahan dalam diri kita,kuncinya selain berdo'a kita juga harus tetap berusaha karena usaha dan do'a merupakan komponen yang saling melengkapi.


nah udah terbukti kan kalo do'a itu sangat dasyat dan dikabulkan oleh ALLAH SWT. jadi mulai sekarang marilah kita rajin berdo'a agar kita bisa hidup bahagia dan mendapat ridho dari -NYA. AMIN :D

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama