trik untuk mengatasi kecewa



Setiap orang pasti pernah merasakan kecewa karena adanya suatu keinginan yang tak tercapai. Sebenarnnya rasa kecewa ini wajar dan manusiawi. Namun,hal ini akan menjadi sebuah masalah serius yang berdampak buruk bagi kehidupan kita dan orang lain. Rasa kecewa yang mendalam akan membuat seseorang selalu mengeluh dan tertekan. Bahkan dapat menyebabkan stress yang akan merusak kesehatan kita. Selain itu kekecewaan juga akan berdampak buruk bagi orang orang yang ada di sekitar kita. Karena kekecewaan akan membuat kita marah marah,mengeluh,dan menjelek jelekan suatu hal. Sehingga orang orang yang ada di sekitar kita menjadi bad mood dan menjauh dari kita. Lalu yang menjadi pertanyaannya bagaimanakah cara kita untuk mengatasi kecewa?
Berikut ini adalah trik untuk mengatasi kecewa,antara lain :

1.jangan terlalu mengharapkan orang lain

sering kali kita terlalu mengharapkan orang lain akan memenuhi keinginan kita, akan terlihat sempurna, bisa mengerti semua yang kita rasakan, dan selalu ada saat kita membutuhkan mereka. Namun,kenyataannya terkadang mereka tak mampu menjadi seperti yang kita harapkan. Sehingga kita pun menjadi kecewa. Jadi solusinya adalah kita harus menyadari kalau mereka juga punya kehidupan sendiri sendiri dan urusan yang berbeda beda sehingga mereka tak selalu bisa ada di dekat kita. Dan kalau berharap maka hanya berharaplah kepada allah swt. Karena allah swt yang paling maha tau tentang hal hal yang kita harapkan. Dan allah swt pasti akan memberikan yang terbaik untuk kehidupan kita.

2. Menyakini pasti ada hikmahnya

apa yang akan kita rasakan ketika keinginan kita tak tercapai? Pasti kecewa ya. Karena kita semua pasti punya keinginan yang baik dan kita sangat berharap keinginan itu akan tercapai. Karena kita yakin bahwa keinginan kita pasti terbaik untuk kehidupan kita.

Kita memang boleh merencanakan dan mengusahakan yang terbaik. Namun,kita juga perlu menyadari kalau keputusan ada di tangan allah swt. Kita juga harus menyadari kalau tak semua hal yang kita harapkan itu bisa kita dapatkan.
Karena apa yang kita inginkan,apa yang menurut kita baik belum tentu baik menurut allah swt.

Ketika keinginan kita tak tercapai maka jangan pernah menyalahkan allah swt. Tetaplah berpikir kalau allah swt punya rencana indah untuk kehidupan kita. Dan yakinlah kalau selalu ada hikmah di balik suatu peristiwa. Karena ketika kita menyadari dan yakin semua pasti ada hikmahnya. Maka kita akan ikhlas dan berlapang dada menerima semua yang di berikan oleh allah swt. Sehingga kita terhindar dari rasa kecewa dan kehidupan kita penuh syukur dan menjadi bahagia.

3. Ikhlas


keinginan untuk menolong sesama manusia memang sudah menjadi naluri alami seorang manusia. Karena dengan sikap saling tolong menolong akan membuat kehidupan kita semakin harmonis dan saling peduli satu sama lain. Namun, kita juga pasti pernah menolong seseorang dan berharap membalas kebaikan kita atau minimal hanya sekedar mengucapkan terima kasih. Namun,apa yang terjadi ketika orang yang pernah kita tolong itu tak pernah mengucapkan terima kasih
bahkan orang itu malah melakukan hal hal yang kurang kita sukai? Pasti yang muncul adalah rasa kecewa dan tidak ikhlas dalam menolong seseorang. Disinilah letak permasalahannya karena kecewa dan tidak ikhlas membuat pahala amal kita hilang dan sia sia. Seharusnya kita ikhlas ketika kita menolong orang lain. Ikhlaskan hati hanya untuk menolong sesama dan mengharapkan pahala dari allah swt. Memang untuk membuat hati kita ikhlas tak semudah membalik tangan. Tapi, bukan berarti tak mungkin bisa. Selama kita berusaha untuk ikhlas, insya allah, allah akan memberikan balasan yang jauh lebih baik untuk kehidupan kita

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama