Kisah motivasi dari kecambah

Ketika kelas xi ipa 2 aku melakukan suatu percobaan tentang pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap pertambahan tinggi tanaman kecambah. Dari percobaan tersebut diperoleh hasil bahwa kecambah yang berada di tempat yang gelap mengalami petambahan tinggi yang lebih cepat daripada kecambah yang tumbuh di tempat yang terang. Hal ini terjadi karena kecambah yang berada di tempat yang gelap memiliki hormone auksin yang banyak sehingga dapat memacu pertambahan tinggi kecambah secara maksimal. Sedangkan kecambah yang berada di tempat yang terang akan mengalami pertumbuhan yang lambat karena hormone auksin pada ujung kecambah di hambat oleh adanya cahaya matahari. Sehingga tanaman kecambah tidak dapat mengalami pertambahan panjang secara maksimal.
Namun,tanaman kecambah yang berada di tempat gelap tidak dapat melakukan proses fotosintesis karena tidak terkena cahaya matahari. Sehingga kecambah akan menjadi layu,batangnya rapuh dan akhirnya kecambah perlahan lahan mati. Sedangkan kecambah yang berada di tempat yang terang dapat melakukan proses fotosintesis secara maksimal karena terkena cahaya matahari. Sehingga kecambah akan memiliki batang yang lebih kuat dan segar. Kecambah yang berada di tempat terang pun dapat tumbuh secara maksimal.
Begitu pula dalam kehidupan berbisnis kita. Kita baratkan kecambah yang tumbuh di tempat gelap sebagai cara bisnis yang curang. Sedangkan kecambah yang tumbuh di tempat yang terang sebagai cara bisnis yang jujur. Apabila kita berbisnis dengan cara yang curang misalnya dengan cara penipuan atau menjual barang barang yang palsu maka bisnis kita akan berkembang sangat pesat dan kita memperoleh keuntungan yang sebanyak banyaknya. Namun,sayangnya bisnis kita tidak akan bertahan lama karena kecurangan kita dalam bisnis kita telah merugikan banyak orang. Sehingga orang orang yang merasa dirugikan oleh bisnis kita akan melaporkan kita ke polisi. Dan akhirnya kita pun dimasukkan kedalam penjara. Selain itu kita juga akan di tuntut untuk mengganti semua kerugian yang di alami oleh orang orang yang merasa menjadi korban dari bisnis yang kita jalankan. Akhirnya bisnis kita pun mengalami kerugian yang sangat besar. Sedangkan kita yang melakukan bisnis dengan cara yang jujur maka kita akan menemui banyak hambatan misalnya mahalnya biaya produksi,ketatnya tingkat persaingan dan perkembangan bisnis yang lambat. Namun,apabila kita tetap jujur dalam berbisnis serta memberikan pelayanan yang professional kepada para pembeli maka bisnis kita pun akan mulai dipercaya oleh para pembeli. Dan para pembeli akan menjadi pelanggan setia kita. Sehingga bisnis kita pun perlahan lahan semakin berkembang dan dapat bertahan lama.
Jadi,kesimpulannya kecurangan dalam berbisnis hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sedangkan kejujuran dan profesionalisme dalam berbisnis akan menguntungkan semua orang karena bisnis kita terus berkembang,kita mendapat rezeki yang halal dan orang lain merasakan manfaat dari produk asli yang kita jual kepada mereka.

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya. Silahkan memberikan komentar dan menunggu saya memberikan balasan terhadap komentar anda.

Lebih baru Lebih lama